Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Hari Kebebasan Pers Internasional

Kompas.com - 09/03/2024, 21:00 WIB
Yulisha Kirani Rizkya Pangestuti,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

Sumber UNESCO,PBB

KOMPAS.com - Tanggal 3 Mei diperingati sebagai Hari Kebebasan Pers Internasional atau World Press Freedom Day.

Hari Kebebasan Pers Internasional dirayakan untuk memperjuangkan serta mempertahankan kebebasan pers dan kebebasan berekspresi di seluruh dunia.

Peringatan ini juga merupakan hari refleksi di kalangan profesional media mengenai isu kebebasan pers dan etika profesional.

Berikut ini sejarah penetapan Hari Kebebasan Pers Internasional.

Baca juga: Sejarah Hari Pers Nasional

Sejarah Hari Kebebasan Pers Sedunia

Melansir situs resmi PBB, Hari Kebebasan Pers Internasional pertama kali dicanangkan oleh Majelis Umum PBB pada Desember 1993, menyusul rekomendasi Sidang ke-26 Konferensi Umum UNESCO Tahun 1991.

Sejak itu, 3 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebebasan Pers Internasional.

Tanggal 3 Mei dipilih karena bertepatan dengan Deklarasi Windhoek, yakni pernyataan prinsip kebebasan pers oleh para jurnalis surat kabar di Afrika, dalam seminar UNESCO yang diselenggarakan di Windhoek, ibu kota Namibia, dari 29 April hingga 3 Mei 1991.

Deklarasi Windhoek menekankan pentingnya kebebasan pers, kewajiban pemerintah untuk melindungi kebebasan media, serta kebutuhan akan pluralisme, independensi, dan kebebasan berekspresi.

Lahirnya Deklarasi Windhoek tidak lepas dari peristiwa diskriminasi akibat politik apartheid di Afrika, yang turut dialami pekerja media.

Kebijakan politik apartheid, yang memisahkan hak dan kewajiban antara ras kulit putih dan kulit hitam, mengakibatkan diskriminasi terhadap pekerja pers kulit hitam di Afrika.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Pers di Indonesia

Atas dasar itulah, PBB mendeklarasikan Hari Kebebasan Pers Internasional pada 3 Mei, sebagai pengingat akan perlunya menghormati komitmen terhadap kebebasan pers, memberikan dukungan kepada media yang independen, serta mengapresiasi jurnalisme yang berkualitas.

Selain itu, Hari Kebebasan Pers Sedunia merupakan sebuah upaya untuk mempertahankan kebebasan berekspresi dan menjaga keselamatan jurnalis, yang memiliki peran krusial dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas.

Mengutip situs resmi PBB, berikut ini beberapa tujuan peringatan Hari Kebebasan Pers Internasional.

  • Untuk merayakan prinsip-prinsip dasar kebebasan pers
  • Untuk menilai kondisi kebebasan pers di seluruh dunia
  • Untuk membela media dari serangan terhadap independensi mereka
  • Untuk memberikan penghormatan kepada jurnalis yang kehilangan nyawa saat menjalankan tugas
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com