Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkat Besi, Setua Angkat Berat tapi,...

Kompas.com - 29/10/2022, 23:00 WIB
Josephus Primus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Angkat besi adalah olahraga yang dipertandingkan sejak awal Olimpiade Modern di Athena, Yunani pada 1896.

Laman Kompas.com pada edisi 4 Agustus 2922 menyebut bahwa Indonesia memiliki nama harum pada olahraga angkat besi.

Angkat besi memang sama tuanya dengan olahraga angkat berat.

Lifter asal Kabupaten Aceh Utara, Provinsi, Nurul Akmal berhasil meraih medali perak untuk cabang olahraga angkat besi dalam perhelatan Sea Games yang berlangsung di Vietnam.Dok. Nurul Akmal Lifter asal Kabupaten Aceh Utara, Provinsi, Nurul Akmal berhasil meraih medali perak untuk cabang olahraga angkat besi dalam perhelatan Sea Games yang berlangsung di Vietnam.

Baca juga: Sejarah Angkat Berat, Olahraga untuk Kekuatan dan Ketahanan

Tapi, angkat besi berbeda nasib dengan angkat berat.

Pasalnya, angkat berat tidak dipertandingkan sejak Olimpiade 1896.

Angkat berat justru menjadi olahraga paralimpiade alias olahraga bagi atlet penyandang cacat mulai pada Paralimpiade Musim Panas 1964 di Tokyo, Jepang.

Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan melakukan angkatan clean and jerk  pada final angkat besi nomor 61 kg putra SEA Games 2021 Vietnam di Hanoi Sports Training and Competition Center, Hanoi, Vietnam, Jumat (20/5/2022). Eko Yuli Irawan berhasil meraih medali emas dengan total angkatan ''snatch'' dan ''clean and jerk''  seberat 290kg.ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan melakukan angkatan clean and jerk pada final angkat besi nomor 61 kg putra SEA Games 2021 Vietnam di Hanoi Sports Training and Competition Center, Hanoi, Vietnam, Jumat (20/5/2022). Eko Yuli Irawan berhasil meraih medali emas dengan total angkatan ''snatch'' dan ''clean and jerk'' seberat 290kg.

Nomor penilaian

Lifter putri Jawa Barat, Windy Cantika Aisah bertanding di kelas 49 kg putri cabor angkat besi PON XX Papua di Auditorium Universitas Cendrawasih, Jayapura, Rabu 6/10/2021.Dok. PB PON XX Papua/Dadang Tri Lifter putri Jawa Barat, Windy Cantika Aisah bertanding di kelas 49 kg putri cabor angkat besi PON XX Papua di Auditorium Universitas Cendrawasih, Jayapura, Rabu 6/10/2021.

Di samping nomor penilaian sesuai berat badan, sebagaimana di angkat berat, pada olahraga angkat besi, ada dua nomor penilaian.

Nomor penilaian pada olahraga angkat besi adalah clean and jerk, serta snatch.

Snatch adalah gerakan mengangkat barbel ke atas secara langsung.

Foto yang diambil dengan kamera robot ini memperlihatkan reaksi Windy Cantika Aisah dari Indonesia saat bertanding di cabang olahraga angkat besi 49 kilogram putri Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum di Tokyo pada Sabtu 24 Juli 2021. AFP/CHRIS GRAYTHEN Foto yang diambil dengan kamera robot ini memperlihatkan reaksi Windy Cantika Aisah dari Indonesia saat bertanding di cabang olahraga angkat besi 49 kilogram putri Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum di Tokyo pada Sabtu 24 Juli 2021.

Clean and jerk, sebelum diangkat, barbel terlebih dulu ditahan dengan dada.

Di Indonesia, federasi atau induk olahraga angkat besi di bawah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bernama Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), sebagaimana dijelaskan oleh salah seorang pengurus Magnus Iron Games 2022, Yulius Tedjo.

Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, berpose menggunakan official jersey untuk SEA Games 2021 pada acara peluncuran di Jakarta, Kamis (28/4/2022).ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, berpose menggunakan official jersey untuk SEA Games 2021 pada acara peluncuran di Jakarta, Kamis (28/4/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com