Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Penting Pengakuan Kemerdekaan Indonesia oleh Negara Lain

Kompas.com - 31/07/2022, 17:30 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Proklamasi merupakan tonggak awal munculnya Indonesia sebagai negara baru yang terbebas dari penjajahan.

Namun, selain proklamasi, Indonesia juga memerlukan pengakuan kemerdekaan dari negara lain.

Lantas, apa arti penting pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh negara lain?

Baca juga: Pengakuan Kemerdekaan Indonesia oleh Negara Lain

Arti penting pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh negara lain

Pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh negara lain menjadi penting karena merupakan salah satu syarat berdirinya suatu negara.

Untuk menjadi negara dengan tatanan kenegaraan yang dihormati negara lain di dunia, Indonesia harus memenuhi dua unsur pembentuk negara.

Dua unsur tersebut yaitu unsur konstitutif dan deklaratif. Unsur konstitutif terdiri atas wilayah, rakyat, dan pemerintah yang berdaulat.

Sedangkan unsur deklaratif adalah pengakuan dari negara lain baik secara de facto (nyata) maupun de jure (hukum).

Yang dimaksud dengan pengakuan secara de facto adalah bentuk pengakuan suatu negara terhadap negara lain yang diberikan dengan penilaian bahwa sebuah negara baru secara faktual telah memenuhi syarat-syarat terbentuknya negara, seperti wilayah, rakyat, dan pemerintahan berdaulat.

Sehingga, arti penting pengakuan kemerdekaan Indonesia secara de facto oleh negara lain adalah sebagai modal awal bahwa negara lain telah mengakui kemerdekaan atau lahirnya Indonesia.

Baca juga: Pengakuan Kemerdekaan Indonesia oleh Mesir

Pengakuan de facto adalah pengakuan faktual, yang bisa diberikan meski negara baru belum stabil.

Oleh karena itu, selain pengakuan de facto, diperlukan juga pengakuan secara de jure.

Pengakuan de jure adalah bentuk pengakuan resmi dari negara lain berdasarkan kaidah-kaidah yang diatur dalam hukum internasional terkait keberadaan negara baru.

Adanya pengakuan de jure berarti suatu negara tidak lagi menyangsikan kemampuan negara baru untuk memerintah sekaligus menerima eksistensinya sebagai masyarakat internasional.

Dengan kata lain, pengakuan de jure merupakan bentuk pengakuan tertinggi, yang diberikan oleh negara setelah menerima sepenuhnya kehadiran negara baru.

Pengakuan de jure juga tidak dapat ditarik, kecuali syarat berdirinya negara atau pemerintahan itu hilang dengan sendirinya.

Meski pengakuan dari negara lain tidak menentukan mengenai ada atau tidaknya negara Indonesia, tetapi pengakuan tetap penting karena memungkinkan hubungan antara Indonesia dengan negara lain.

Misalnya hubungan diplomatik, hubungan perdagangan, kebudayaan, dan lain-lain.

Baca juga: Pengakuan Kemerdekaan Indonesia dari India

Kesimpulannya, pengakuan yang didapatkan Indonesia dari negara lain sebagai negara berdaulat memiliki makna penting bagi eksistensi Indonesia di dunia.

Dengan adanya pengakuan, posisi Indonesia diakui di mata dunia sebagai salah satu negara berdaulat yang mengikuti sistem tatanan internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com