Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser Musik Klasik Meriahkan Gelaran Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 28/01/2020, 14:20 WIB
Mochamad Sadheli ,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tuan rumah Jepang melakukan banyak hal untuk menyambut kompetisi multicabang olahraga terbesar di dunia, Olimpiade Tokyo 2020.

Jelang even besar tersebut, pada Juni 2020 nanti bakal ada konser spesial dari orkestra top dunia, Berliner Philharmoniker dari Jerman.

Kelompok musisi tersebut bakal menjadi tamu spesial dalam acara Festival Musim Panas di Tokyo menyambut gelaran olimpiade.

Dalam beberapa bulan, mereka akan kembali ke ibu kota Jepang untuk memainkan tiga konser di Tokyo Bunka Kaikan.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020, Perkenalkan Obor Berbahan Bakar Hidrogen

Mereka juga akan menggelar konser terbuka yang sangat spesial di depan 10.000 orang di salah satu taman paling populer di Tokyo, Shinjuku Gyoen Landscape Garden.

"Bagi kami, kehormatan besar bisa mengambil peran di ajang Olimpiade," kata General Manager Berliner Philharmoniker, Andrea Zietzschmann.

"Olimpiade Tokyo 2020 adalah even spesial. Itu sangat berarti bagi kami, khususnya karena kami memiliki banyak relasi dengan Jepang," tandas dia dikutip laman resmi Olimpiade Tokyo 2020.

Sebagai informasi, Berliner Philharmoniker sudah menggelar konser di Negeri Sakura sebanyak 22 kali sejak 1957.

Baca juga: Jelang Olimpiade 2020 Tokyo, Atlet Indonesia Lakukan Hal Ini

Pada tahun 2011, mereka mengadakan konser amal dengan konduktor Jepang Yutaka Sado untuk membantu korban gempa yang mengguncang Jepang Timur, tepatnya Tohoku.

"Kami menyukai audiens Jepang. Mereka pendengar luar biasa. Penonton sangat tenang, menikmati musik," jelas Andrea Zietzschmann.

"Mereka memiliki wawasan luas dan panggung konser sangat luar biasa. Selalu spesial bagi kami tiap kali ke Jepang," tutur dia.

Dalam konser musim panas di Tokyo nanti, Jepang akan kehadiran spesial konduktor musik, Gustavo Dudamel, salah satu talenta berbakat di dunia musik klasik akhir-akhir ini.

Baca juga: Virus Corona Menyebar di China, Kualifikasi Tinju Olimpiade 2020 Pindah ke Yordania

Gustavo Dudamel juga bukan orang asing di Negeri Sakura.

Konduktor musik asal Venezuela itu terkenal menyayangi anak-anak, mengenal Jepang sejak 2008 silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com