Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seru, Perang Bintang Akan Terjadi di Final Kualifikasi Piala Presiden Esports Wilayah Barat

Kompas.com - 17/01/2020, 20:13 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.COM - Piala Presiden Esports 2020 sebagai kejuaraan esports kasta tertinggi di Indonesia, tinggal selangkah menuju final.

Nantinya, Final Nasional akan diselenggarakan di Jakarta pada 1-2 Februari 2020. Kejuaraan olahraga elektronik bertaraf regional Asia Tenggara ini menyisakan satu tahapan lagi, yaitu Final Kualifikasi Regional untuk Wilayah Indonesia Barat. 

Even ini digelar 23 Paskal Shopping Centre, Bandung, mulai Sabtu (18/1/2020) hingga Minggu (19/1/2020). 

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha, mengatakan Final Kualifikasi Regional di Bandung akan menyaring tim dan atlet-atlet esports terbaik dari wilayah Indonesia Barat yang berhasil lolos dari tahap kualifikasi online.

Sebanyak 204 atlet esports yang akan bertanding di final kualifikasi regional untuk wilayah Indonesia Barat. Nantinya, ada tiga game yang dipertandingkan yakni Free Fire, eFootball Pro Evolution Soccer (PES), dan Mobile Premiere League (MPL)/ 

Sebanyak 12 tim (48 pemain) akan bertarung di game Free Fire, 64 pemain di game eFootball Pro Evolution Soccer (PES), dan 22 pemain di game Mobile Premiere League (MPL).

“Sejak kick off pada Oktober tahun lalu, animo publik dan komunitas terhadap penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 terus meningkat dan makin tak terbendung. Maka memasuki tahap Kualifikasi Regional Barat di Bandung kami optimis atlet-atlet esports Indonesia akan menunjukan kemampuan terbaiknya untuk melangkah ke Final Nasional menghadapi atlet-atlet esports dari ASEAN,” ujar Giring Ganesha dalam jumpa pers di 23 Paskal Shopping Centre, Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/1/2020).

Baca juga: Team Elvo Ingin Tampil Maksimal di Piala Presiden Esports 2020 Regional Barat

Pemenang masing-masing game di Kualifikasi Regional Barat di Bandung ini berhak memegang tiket ke Final Nasional di Jakarta.

Mereka akan bergabung dengan para pemenang dari Kualifikasi Regional Timur yang sudah lebih dulu diselenggarakan di Surabaya pada 11 – 12 Januari yang lalu.

Di Final Nasional, mereka akan bertarung menghadapi para atlet tim-tim esports juara kualifikasi dari negara-negara regional Asia Tenggara yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja.

Menariknya, Final Kualifikasi Regional di Bandung ini bak perang bintang karena dipenuhi oleh atlet-atlet dan tim esports dengan prestasi besar.

Di game Free Fire, sejumlah tim raksasa esports Indonesia akan berlaga di antaranya RRQ, ONIC OLYMPUS, NXL BUNGA MERIAM, hingga BOSS Esports.

Di game eFootball PES, “The Wonderkid” Rizky Faidan, dipastikan ikut bertarung.

Rizky Faidan yang bernaung di tim ONIC Esports pernah membawa Indonesia menjadi juara PES League 2019 Asia dan menjadi semifinalis Kejuaraan Dunia PES League World Finals di Emirates Stadium, London.

Giring menekankan, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 merupakan inisiatif untuk memajukan dan mengembangkan esports agar membawa dampak positif bagi Indonesia di berbagai aspek.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com