Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Final Piala Gubernur Jatim 2020, Alasan Laga Puncak Digelar di Sidoarjo

Kompas.com - 19/02/2020, 18:50 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Asprov PSSI Jatim memutuskan venue final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat (21/2/2020) sore.

Hal itu disampaikan langsung oleh Sekretaris Asprov Jatim, Amir Burhanudin. Pria yang akrab disapa Amir itu menyampaikan alasan mengapa Gelora Delta yang dipilih sebagai venue pertandingan Final.

Semula laga sendiri rencananya akan digelar di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya berdasarkan hasil koordinasi dengan Polda Jatim beberapa waktu lalu.

Baca juga: Persebaya Vs Persija, Perjalanan Bajul Ijo ke Final Piala Gubernur Jatim 2020

"(Ini) sesuai rakor dengan PAM pertama dan juga simulasi pengamanan. Laga rencananya akan digelar di Bung Tomo karena Persebaya yang lolos. Sesuai kesepakatan, kalau Arema yang lolos akan di stadion mereka, begitu Persebaya lolos, akan digelar di kandang mereka," kata Amir.

"Di koordinasi PAM kedua, tidak bisa menggelar di Bung Tomo karena sedang renovasi. Untuk itu, kami cari stadion terdekat. Akhirnya, kami pilih Gelora Delta karena stadion tersebut juga sedang kosong," katanya.

Laga final itu sendiri tidak akan seperti laga semifinal yang tidak boleh dihadiri penonton.

Di laga final nanti boleh dihadiri penonton. Amir menambahkan, penonton, terutama pendukung Persebaya, silakan untuk hadir menyaksikan laga tersebut.

Baca juga: Persebaya Vs Persija, The Jakmania Diminta Tak Datang ke Stadion

Sementara itu, pendukung dari Persija Jakarta diminta untuk tidak hadir langsung di laga final tersebut.

Suporter Persija diminta untuk menyaksikan timnya berlaga melalui siaran langsung televisi untuk meminimalisasi terjadinya kericuhan di pertandingan tersebut.

"Karena Persebaya yang lolos, kami anggap itu home-nya Persebaya. Silakan bonek datang menyaksikan ke stadion. Namun, tolong jaga Jawa Timur sesuai pesan bapak Kapolda," ucap Amir.

Sementara itu, waktu pertandingan tersebut ada perubahan. Jika sebelumnya dijadwalkan 19.30 WIB akan digeser di 15.30 WIB. Hal itu dilakukan berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak keamanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com