Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garena Indonesia Apresiasi Dukungan Pemerintah untuk Industri eSports

Kompas.com - 14/01/2020, 18:30 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Garena Indonesia mengapresiasi dukungan pemerintah yang cepat untuk mengembangkan industri eSports di Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Produser Garena Free Fire, Christian Wihananto, di acara konferensi pers Free Fire Master League Season I di Pacific Place, Senayan, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

"Menurut Garena sendiri, pemerintah sudah cepat mendukung industri eSports. Khususnya di tahun 2018-2019. Pada tahun 2019 dan 2020, Free Fire adalah game mobile exclusive untuk Piala Presiden," kata Christian.

Baca juga: Grand Final Piala Presiden Esports 2020 Perlombakan 4 Game

Lebih lanjut, Christian mengatakan Piala Presiden merupakan sinyal bagi industri eSports bahwa pemerintah menganggap eSports sebagai bentuk dari olahraga yang baru.

"Piala Presiden itu adalah salah satu sinyal yang kami terima bahwa pemerintah menganggap eSports sebagai olahraga terbaru," katanya.

"Kami juga lihat di tahun 2018 dan 2019, eSports menjadi salah satu yang dipertandingkan di Asian Games dan SEA Games," lanjutnya menambahkan.

Christian menilai semua dukungan pemerintah itu menjadi awal pergerakan pemerintah untuk memperkenalkan eSports sebagai suatu olahraga yang dilakukan oleh para generasi muda Indonesia.

"Kalau kami lihat dari lensa Garena, ini merupakan suatu gerakan pemerintah untuk memperkenalkan eSports sebagai olahraga yang dilakukan dan dimainkan oleh generasi muda. Dukungan pemerintah sudah sangat luar biasa," kata Christian menegaskan.

Garena Indonesia sendiri menggelar turnamen awal tahun yang bertajuk Free Fire Master League Season I.

Baca juga: Bintang NFL Banting Setir ke eSports, Jadi Pemain FIFA Profesional

Turnamen itu disebut sebagai salah satu liga eSports terbesar di Indonesia. Enam tim teratas akan langsung mendapatkan tiket ke babak Grand Final turnamen Free Fire Indonesia Masters 2020 Spring.

Free Fire Master League digelar mulai 14 Januari-14 Februari 2020 secara offline di Kantor Garena Indonesia, SCBB Pacific Century Place, Senayan, Jakarta.

Turnamen tersebut bisa disaksikan secara live streaming di akun ofisial Garena Free Fire Indonesia setiap Selasa-Jumat pukul 19.00 WIB.

Free Fire Master League Season I akan diikuti oleh 24 tim profesional termasuk EVOS Esports dan RRG HADES serta akan memperebutkan hadiah senilai 1,2 miliar rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com