Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analisis Data: Pengertian dan Jenisnya

Kompas.com - 03/05/2024, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Analisis data adalah proses penguraian, interpretasi, serta pengolahan data untuk membuat keputusan yang tepat.

Artikel ini akan membahas pengertian analisis data dan jenis-jenis analisis data secara garis besar. Simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian analisis data

Dilansir dari situs Universitas Medan Area, analisis data adalah proses sistematis yang berupaya menguraikan, menginterpretasi, serta mengolah data, untuk membuat kesimpulan.

Sederhananya, analisis data adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang berharga.

Jelaskan pengertian analisis data

Baca juga: Bagaimana Proses Analisis Data yang Benar?

Dikutip dari buku Ragam Analisis Data Penelitian (2022) oleh Almira Keumala Ulfah dkk, berikut pengertian analisis data:

"Analisis data adalah proses pengolahan data menjadi informasi baru. Agar data yang dihasilkan lebih mudah dimengerti juga berguna."

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa pengertian analisis data adalah upaya yang dilakukan untuk mengolah data menjadi informasi baru.

Jenis-jenis analisis data

Menurut Misbahuddin dan Iqbal Hasan dalam buku Analisis Data Penelitian dengan Statistik (2022), berikut jenis-jenis analisis data:

  • Analisis kuantitatif 

Adalah analisis yang menggunakan model-model matematis. Misalnya fungsi multivariat, model statistik, serta ekonometrik.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Entry Data?

Sesuai metode yang digunakan, hasil analisis kuantitatif, berupa angka, yang kemudian dijelaskan dalam bentuk uraian panjang.

  • Analisisis kualitatif 

Merupakan jenis analisis yang tidak memakai model matematis, statistik, ekonometrik, maupun model hitung-hitungan lainnya.

Analisis data yang dilakukan biasanya terbatas pada teknik pengolahan datanya, seperti pengecekan data serta tabulasi.

Jenis analisis data ini lazimnya diterapkan dengan membaca tabel, grafik, serta angka yang tersedia, lalu ditafsirkan dan diuraikan.

Baca juga: Data: Pengertian dan Fungsinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com