Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudut Deklinasi: Pengertian dan Penyebabnya

Kompas.com - 22/03/2024, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sudut deklinasi adalah salah satu jenis sudut yang menunjukkan posisi sebenarnya pada kompas.

Selain deklinasi, ada yang namanya sudut inklinasi. Dikutip dari buku Konsep IPA Lanjut (2019) oleh Julianto dkk, berikut pengertian sudut inklinasi:

"Sudut inklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh magnet dengan posisi garis mendatar pada bidang atau permukaan Bumi."

Apa itu sudut deklinasi dan apa saja penyebabnya?

Pengertian sudut deklinasi

Menurut Titus Supomo dalam buku Intisari Fisika untuk SMP (2008), pengertian dari sudut deklinasi adalah sudut yang terbentuk antara sumbu magnet utara dan selatan.

Baca juga: Apa Itu Sudut Deklinasi?

Pengertian sudut deklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh Kutub Utara jarum kompas, dengan arah utara-selatan geografis.

Hal ini sering kali disebut sebagai penyimpangan. Sebab, magnet dalam kompas, umumnya tidak memperlihatkan posisi utara-selatan secara tepat, melainkan agak menyimpang.

Dilansir dari situs Stasiun Geofisika Tangerang - BMKG, pengertian dari sudut deklinasi adalah sudut antara utara sebenarnya dan jarum kompas atau utara magnet.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa pengertian sudut deklinasi ialah sudut yang memperlihatkan posisi utara sebenarnya dengan utara pada magnet atau kompas.

Penyebab sudut deklinasi

Penyebab sudut deklinasi ialah bentuk medan magnet Bumi yang cenderung kompleks. Sehingga kadang sulit menentukan arah utara-selatan yang tepat.

Baca juga: Cara Membuat Magnet Sementara

Dalam situs National Centers for Enviromental Information, dituliskan bahwa sudut deklinasi sebenarnya bisa bernilai positif dan negatif.

Sudut deklinasi disebut positif, jika sudutnya berada di timur utara yang sebenarnya. Sementara akan bernilai negatif, apabila sudutnya berada di sebelah barat.

Nilai sudut deklinasi dibutuhkan untuk menentukan arah utara yang sebenarnya, karena kompas akan mengarah ke utara magnet.

Selain bentuk medan magnet Bumi yang cenderung kompleks, penyebab sudut deklinasi lainnya adalah perbedaan arah medan magnet dengan magnet yang sebenarnya.

Baca juga: 3 Cara Membuat Magnet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com