Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Perubahan Iklim terhadap Ekonomi Global

Kompas.com - 20/03/2024, 05:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perubahan iklim menjadi salah satu isu paling urgensi yang dihadapi manusia. 

Perubahan iklim memengaruhi pola cuaca, musim tanam, produktivitas pertanian, kestabilan pasar keuangan, hingga infrastruktur.

Perubahan iklim merujuk pada perubahan jangka panjang dalam pola cuaca dan suhu rata-rata di berbagai wilayah Bumi.

Perubahan iklim disebabkan oleh peningkatan emisi gas rumah kaca akibat aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil dan deforestasi.

Konsekuensinya, perubahan iklim menyebabkan peningkatan suhu global, pencairan es, dan kejadian cuaca ekstrem yang lebih sering.

Baca juga: Dampak Perubahan Iklim Global terhadap Kehidupan

Tak hanya memengaruhi lingkungan, namun dampaknya juga terasa dalam berbagai sektor ekonomi di seluruh dunia.

Berikut penjelasan bagaimana perubahan iklim berdampak terhadap ekonomi global:

  • Pertanian dan pangan

Perubahan iklim dapat mengganggu pola tanam dan panen, menyebabkan penurunan produktivitas pertanian, dan mengakibatkan kerugian ekonomi bagi negara-negara yang bergantung pada sektor pertanian.

Variabilitas iklim yang ekstrim, seperti kekeringan dan banjir, dapat menghambat produksi pangan dan meningkatkan risiko kekurangan pangan.

  • Industri dan perdagangan

Sektor industri dan perdagangan rentan terhadap gangguan infrastruktur akibat cuaca ekstrem, seperti badai tropis dan banjir besar.

Kerusakan pada fasilitas produksi dan transportasi dapat mengganggu rantai pasokan global, mengurangi produksi dan ekspor, serta menyebabkan kerugian ekonomi yang signifikan.

Baca juga: 6 Faktor Penyebab Perubahan Iklim

  • Pariwisata

Destinasi pariwisata yang terkenal dengan keindahan alamnya, seperti pantai tropis dan pegunungan, dapat mengalami kerugian ekonomi yang signifikan akibat kerusakan lingkungan dan kerugian daya tarik wisata akibat perubahan iklim.

Kenaikan suhu, peningkatan tingkat air laut, dan kejadian cuaca ekstrem dapat merusak infrastruktur pariwisata dan mengganggu kegiatan wisatawan.

  • Investasi dan keuangan

Perubahan iklim juga membawa risiko finansial bagi pelaku pasar dan lembaga keuangan. Kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam dan perubahan lingkungan dapat merugikan nilai aset fisik, memengaruhi harga properti, dan meningkatkan risiko investasi.

Ketidakpastian ekonomi yang disebabkan oleh perubahan iklim juga dapat mengganggu pasar keuangan global.

 

Artikel ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberi tahu kami ke redaksikcm@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com