Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban dari Soal "Derap Langkah yang Teratur Pada Durasi"

Kompas.com - 18/03/2024, 14:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Seperti kita ketahui, suatu lagu bisa terbentuk iramanya karena terdapat nada.

Nada yang dirangkai sedemikian rupa dan mempunyai suatu durasi dan ritme yang terpola akan menghasilkan suatu nada yang berirama.

Berikut pertanyaan mengenai nada:

Baca juga: Pengertian Diksi dan Ritme dalam Bahasa Indonesia

Pertanyaan

Derap langkah yang teratur pada durasi setiap bunyi merupakan pengertian dari ....

Jawab:

Derap langkah yang teratur pada durasi setiap bunyi merupakan pengertian dari rhythm atau ritme.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Interval Lagu?

Pengertian ritme

Dilansir dari buku Pengantar Karya Musik Chamber "Kacang Dari" (2021) oleh Komang Wira Adhi Mahardika, ritme aau irama adalah susunan antara durasi nada-nada yang bertekanan dan yang tidak bertekanan, menurut pola tertentu yang berulang-ulang.

Dalam Kamus Musik Ritmik, ritme dalam musik adalah salah satu jantung dalam suatu karya musik, karena ritme adalah detak ketukan yang mengatur bentuk karya musik.

Di awal garis birama terdapat tanda ritme setelah kunci (clef) dan tanda kunci tanda ritme tersusun dari dua bagian angka.

Angka yang terdapat di atas menunjukkan pola tekanan yang berulang dengan dibatasi oleh garis pembatas vertikal atau biasa disebut garis birama, sedangkan angka yang terdapat di bawah menunjukkan jenis nada yang dijadikan satuan.

Baca juga: Keunikan Lagu Daerah dan Contohnya

Dikutip dari buku Cepat Bisa Bermain Keyboard (2013) oleh Yulia Rendra, ada beberapa hal yang berkaitan dengan ritme, yaitu:

  • Terdapat ketukan-ketukan dalam hitungan yang sama dan berlangsung terus-menerus tanpa tekanan atau akses dan mempunyai kecepatan yang tetap. Hal itu disebut dengan beat.
  • Kemudian beat tersebut sering dipercepat dan juga diperlambat. Hal itu dinamakan tempo.
  • Pada tempo dalam setiap ketukan yang sama kita beri akses atau tekanan secara teratur dan terpola. Hal itu disebut irama (ritme). Pada irama sering muncul yang dinamakan sinkop, yaitu perubahan atau pemindahan ketukan yang mendapat aksen/tekanan yang dimaksudkan efek-efek tertentu pada irama maupun nada melodi.
  • Apabila ritme tersebut dikelompokkan yang disebut birama dan setiap kelompok birama ditentukan jumlah ketukannya, maka itu disebut tanda birama (time signature). Tanda birama adalah ketukan atau beat yang mempunyai kecepatan atau tempo, dan yang diberi aksen atau tekanan, yang ditentukan ketukan per kelompoknya dan mengatur sebuah lagu.

Apabila ketukan-ketukan tersebut kemudian diberi nada-nada, maka terjalinlah suatu pola irama yang kemudian bisa disebut motif yang bisa mengekspresikan perasaan musikal. Motif inilah yang pada akhirnya membentuk sebuah lagu.

Itulah penjelasan mengenai ritme.

Baca juga: Daftar Lengkap Lagu Daerah beserta Asalnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com