Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Perubahan Iklim Global, Dampak dan Upaya Penanggulangannya

Kompas.com - 04/09/2023, 05:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perubahan iklim merupakan salah satu isu global dan telah menjadi fokus perhatian yang serius bagi seluruh negara di penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Hal tersebut membuktikan bahwa betapa pentingnya masalah mengenai perubahan iklim bagi kehidupan.

Pengertian perubahan iklim 

Menurut The Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), perubahan iklim didefinisikan sebagai perubahan iklim secara signifikan maupun variabilitas yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama (satu dekade atau seterusnya). 

Maka dapat dikatakan bahwa perubahan iklim adalah suatu fenomena di mana terjadinya perubahan jangka panjang terhadap kondisi atmosfer yang menyebabkan perubahan pola iklim yang tidak menentu.

Perubahan kondisi atmosfer yang terjadi meliputi perubahan suhu dan pola cuaca sehingga temperatur di Bumi mengalami kenaikan dan pergeseran musim, serta dapat berdampak buruk bagi makhluk hidup, 

Perubahan iklim sendiri dapat terjadi karena adanya proses alam internal maupun eksternal, atau bahkan akibat ulah manusia yang terus menerus merubah komposisi atmosfer dengan memproduksi gas-gas yang dapat memicu terjadinya efek rumah kaca.

Baca juga: 6 Faktor Penyebab Perubahan Iklim

Dampak perubahan iklim

Adanya perubahan iklim merupakan suatu krisis yang serius bagi ekosistem, mata pencaharian, serta keberlangsungan makhluk hidup di bumi. Dampak buruk dari perubahan iklim semakin nyata dan terbukti telah menerpa di Indonesia

Adapun dampak dari perubahan iklim di antaranya:

  • Menyebabkan bencana alam

Semakin ekstrem kondisi temperatur di bumi, maka akan semakin besar pula resiko terjadinya bencana.

Perubahan iklim mengakibatkan adanya perubahan cuaca secara drastis, sehingga frekuensi maupun intensitas cuaca meningkat atau menurun drastis dan menyebabkan cuaca menjadi ekstrem dan memicu timbulnya bencana alam.

  • Mempercepat siklus hidrologi

Perubahan iklim mengakibatkan terjadinya pergeseran curah hujan, di mana musim kering akan semakin panjang sehingga menyebabkan kekeringan, dan musim hujan akan semakin pendek tetapi dengan intensitas yang sangat tinggi, sehingga menyebabkan banjir.

Dampak dari kondisi tersebut dalampada siklus air adalah menurunnya kuantitas dan kualitas air bersih di dunia. 

Baca juga: Bagaimana Perubahan Iklim dapat Memengaruhi Ketersediaan Air Bersih?

  • Meningkatnya resiko kesehatan

Perubahan iklim akan mengubah distribusi nyamuk-nyamuk malaria dan penyakit-penyakit menular lainnya, sehingga mempengaruhi distribusi musiman penyakit alergi akibat serbuk sari dan meningkatkan resiko penyakit-penyakit pada saat gelombang panas (heat waves).

  • Kenaikan muka laut

Apabila lapisan es terus mencair seiring dengan kenaikan temperatur, maka hal tersebut akan menyebabkan memburuknya bencana banjir di daerah pantai dan mengakibatkan terjadinya erosi.

Selain itu, lautan juga akan mengalami kenaikan temperatur, yang tentu saja akan berpengaruh terhadap makhluk hidup yang tinggal di dalamnya.

Baca juga: Dampak Perubahan Iklim Global terhadap Kehidupan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com