Bagaimana Perubahan Iklim Dapat Memengaruhi Ketersediaan Air Bersih? Jawaban Soal TVRI SMA 15 Juli

Kompas.com - 15/07/2020, 06:35 WIB
Tangkapan layar Youtube/Netflix Our PlanetTangkapan layar

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI kembali hadir menemani siswa-siswi untuk tetap belajar meski harus di rumah.

Pada Rabu, 15 Juli 2020 Belajar dari Rumah membahas Planet Kita: Air Tawar, untuk siswa SMA

Dalam tayangan tersebut, terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal kedua dan jawabannya:

Soal: Bagaimana perubahan iklim dapat mempengaruhi ketersediaan air bersih di bumi?

Jawaban:

Dalam buku Perubahan Iklim dan Implikasinya Terhadap Kehidupan di Laut, Pesisir, dan pulau – pulau kecil (2009) karya Freddy Numberi, perubahan iklim adalah peristiwa berubahnya unsur – unsur iklim dalam waktu yang sangat lama.

Dalam jangka panjang, perubahan iklim yang semakin ekstrem dikhawatirkan dapat membahayakan kehidupan makhkuk hidup.

Terjadi peningkatan secara perlahan terhadap unsur – unsur iklim yang berupa suhu udara, curah hujan, tekanan udara.

Berbasis dari peningkatan nilai evapotranspirasi, merubah pengisian ulang air tanah dan memotong kebutuhan air yang diperkirakan merupakan dampak dari perubahan iklim terhadap ketersediaan air.

Banyak studi sebelumnya yang mengatakan bahwa perubahan iklim akan meningkatkan temperatur dan berdampak negatif pada ketersediaan air

Meningkatnya temperatur udara yang disebabkan oleh pemanasan global dalam perubahan iklim menyebabkan semakin cepatnya penguapan atau evaporasi sehingga menyebabkan air tanah semakin cepat berkurang.

Air tanah yang berkurang ini akan memengaruhi ketersediaan air bersih di bumi. Selain itu, perubahan iklim yang ekstrim menyebabkan presipitasi tidak merata.

Di mana sebagian besar daerah di bumi memiliki curah hujan yang tinggi, sedangkan di daerah bagian lain tidak.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X