Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban dari Soal "Melodi, Ritma, dan Harmoni yang Untuk Memahaminya"

Kompas.com - 15/03/2024, 21:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu aliran seni adalah seni musik.

Musik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Dilansir dari buku Pembelajaran Seni Musik (2023) oleh Aldi Nurhadiat Iskandar, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu.

Baca juga: Pengertian Aransemen dalam Seni Musik

Berikut pertanyaan dan pembahasan mengenai seni musik:

Pertanyaan

Melodi, ritma, dan harmoni yang untuk memahaminya hanya cukup dengan bahasa rasa merupakan pengertian dari ....

Jawab:

Melodi, ritma, dan harmoni yang untuk memahaminya hanya cukup dengan bahasa rasa merupakan pengertian dari musik.

Baca juga: Jenis-jenis dan Karakteristik Seni Musik

Pengertian musik menurut ahli

Dikutip dari buku Kajian Seni Budaya Sekolah Dasar (2023) oleh Belinda Dewi Regina, berikut beberapa pengertian musik menurut para ahli:

  • Lexicographer

Pengertian musik adalah kombinasi nada, vokal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.

  • David Ewen

Pengertian musik adalah ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental yang mencakup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosional.

Baca juga: 15 Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

  • Arstoteles

Pengertian musik adalah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada (melodi) yang memiliki irama.

  • Adji Esa Poetra

Pengertian musik adalah kesenian yang bersumber dari bunyi. Ada empat unsur dalam musik yaitu dinamik (kuat lemahnya bunyi), nada (bunyi yang teratur), unsur waktu (panjang pendek suatu bunyi yang ditentukan dari hitungan atau ketukan nada), adn timbre (warna suara).

  • Suhastjarja

Pengertian musik adalah ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran bulat dalam wujud nada dan bunyi yang mengandung ritme dan harmoni serta mempunyai bentuk dalam ruang waktu yang dikenal di masyarakat.

Baca juga: Jenis dan Teknik Seni Musik Kreasi

  • Soeharto

Pengertian musik adalah ungkapan gagasan melalui bunyi yang usnur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat dan warna bunyi.

  • Shcopenhauer

Seorang filsuf asal Jerman ini berpendapat bahwa, pengertian musik adalah melodi yang syairnya berupa alam semesta.

  • Dello Joio

Komponis dari Amerika ini menyatakan bahwa mengenal pengertian musik bisa menambah pengetahuan dan pandangan, selain juga mengenal banyak hal lain di luar musik.

Itulah penjelasan mengenai pengertian musik menurut para ahli.

Baca juga: Apa itu Resensi dalam Tulisan Jurnalisme Seni Musik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com