Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Kompas.com - 31/07/2023, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comSeni musik adalah salah satu cabang seni yang populer. Namun, tahukah kamu apa pengertian dari seni musik. Untuk mengetahuinya, berikut adalah 15 pengertian seni musik menurut para ahli!

Plato

Menurut Saraf Whitfield dalam Music: Its Expressive Power and Moral Significance (2010), Menurut Plato musik adalah instrument pendidikan yang paling berdaulat karena ritme dan harmoni menemukan jalan ke jiwa terdalam dan memegangnya dengan kuat.

Aristoteles

Menurut Aristoteles, seni musik adalah curahan kekuataan dan penggambaran yang berasal dari gerakan rasa pada rentetan suara yang berirama.

Lebih lanjut Aristoteles mengatakan bahwa musik memiliki kecenderungan unruk memengaruhi jiwa karena dalam diri manusia ada semacam kedekatan dengan mode dan ritme musik.

Baca juga: Seni Musik: Pengertian, Sejarah, dan Unsurnya

Thomas Clifton

Menurut Thomas Clifton dalam Music as Heard (1983), musik adalah susunan suara dan keheningan yang teratur dan bersifat representatif daripada denotatif.

Dello Joio

Menurut Dello Joio, seni musik adalah melodi yang syairnya berupa alam semesta. Di mana musik bisa menambah pengetahuan dan pandangan mengenai banyak hal lain di luar musik.

David Ewen

Menurut Dacid Ewen, seni musik adalah ilmu pengetahuan dan seni mengenai kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal atau instrumental yang terdiri atas melodi dan harmon yang mana sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan dalam aspek emosional.

Baca juga: Jenis dan Fungsi Seni Musik

Schopenhauer

Menurut Schopenhauer, musik bukanlah representasi dari kehendak, melainkan kehendak itu sendiri.  

Ralph Taylor

Menurut Ralph Taylor, musi adalah ekspresi artistik dengan bunyi-bunyian atau melodi dari alat musik ritmis atau nada-nada yang harmonis.

Alfred Aurbach

Menurut Alfred Aubrbach, musik adalah bahasa dunia yang tidap perlu diterjemahkan karena musik berbicara dari jiwa ke jiwa.

Reed dan Sidnell

Menurut Reed dan Sidnell, seni musik adalah cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur ritme, melodi, harmoni, serta timbore.

Baca juga: Jenis-jenis dan Karakteristik Seni Musik

Jamalus

Menurut Jamalus dalam Panduan Pengajaran buku Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik (1988), musik adalah bentuk suatu hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi musik yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik yaitu irama melodi, harmoni, bentuk dan struktur lagu, dan ekspresi sebaga satu kesatuan.

Banoe

Menurut Banoe dalam Kamus Musik (2003), musik adalah cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara ke dalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami manusia.

Sylado

Menurut Sylado, musik adalah wujud waktu yang hidup yang merupakan hasil dari sekumpulan ilusi dan alunan suara. Di mana alunan musik berisikan rangkaian nada yang memiiki jiwa yang mampu menggerakkan hati pendengarnya.

Baca juga: Jenis Pertunjukan Seni Musik Instrumental

Sobirin

Menurut Sobirin, seni musik adalah karya seni yang terbentuk dari unsur seperti irama, melodi, harmoni, bentuk struktur lagu, dan ekspresi.

Suhastjarja

Menurut Suhastjarja, seni musik adalah suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat tentang bentuk wujud nada atau suara lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni serta memiliki suatu bentuk dalam ruang dan waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan hidupnya sehingga dapat dimengerti dan dinikmati.

Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, musi merupakan bagian dari kesenian yang termasuk salah satu unsur kebudayaan manusia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com