Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kesadaran Membayar Pajak Itu Perlu?

Kompas.com - 07/02/2024, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pajak adalah pungutan resmi yang diselenggarakan pemerintah dan dikenakan untuk beberapa sektor tertentu.

Semua orang yang memenuhi syarat subyektif terkait pajak, dinamakan subyek pajak. Namun, tidak semua subyek pajak tergolong wajib pajak.

Dilansir dari buku Mengenal Hukum Pajak dan Hukum Acara Pajak di Indonesia (2020) oleh Syahrul Mustofa dan Ady Supryadi, berikut pengertian wajib pajak:

"Wajib pajak adalah orang pribadi atau badan, meliputi pembayar, pemotong, dan pemungut pajak yang memiliki hak dan kewajiban perpajakan."

Tahukah kamu mengapa kesadaran membayar pajak itu perlu?

Baca juga: Pengertian Hukum Pajak dan Fungsinya

Alasan kesadaran membayar pajak itu perlu

Menurut Dosroha Elisabet, dkk dalam Buku Ajar Perpajakan dan Saham (2023), kesadaran wajib pajak terhadap perpajakan, turut meningkatkan kepatuhan seseorang.

Wajib pajak, dalam hal ini, orang yang wajib membayar pajak, akan membayar apa yang menjadi kewajibannya, berdasarkan insentif yang dimilikinya.

Dilansir dari Kesadaran Wajib Pajak Memediasi Pengaruh Pengetahuan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (2016) oleh Alvin Danniswara Andrianus, salah satu faktor yang memengaruhi kesadaran membayar pajak adalah tingkat pengetahuan.

Jika seseorang memiliki pengetahuan yang cukup soal perpajakan, mereka akan taat atau patuh membayar pajak sesuai tenggat waktunya.

Kesadaran membayar pajak diperlukan, karena pajak merupakan salah satu pemasukan negara yang terbesar.

Baca juga: Tarif Pajak Tetap (Regresif): Pengertian dan Contohnya

Kesadaran membayar pajak juga diperlukan untuk membantu pemerintah dalam membangun infrastruktur juga menyejahterakan masyarakat.

Apabila masyarakat tidak sadar dan taat membayar pajak, hal ini akan memengaruhi tingkat penerimaan juga pemasukan negara.

Selain itu, ketidaktaatan dan ketidaksadaran masyarakat untuk membayar pajak, juga akan memengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Jadi, mengapa kesadaran membayar pajak itu perlu?

Alasan kesadaran membayar pajak itu perlu karena pajak merupakan salah satu sumber pemasukan negara, juga penting bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Perbedaan Pajak dengan Pungutan Resmi Lainnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com