Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Reklamasi Pantai beserta Dampaknya

Kompas.com - 05/12/2023, 22:00 WIB
Rahma Atillah,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembangunan merupakan upaya yang dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan bernegara dan mendorong peningkatan ekonomi suatu negara.

Pembangunan dilakukan di berbagai daerah. Salah satu contoh upaya pembangunan di daerah pesisir pantai adalah reklamasi.

Apa itu reklamasi pantai?

Reklamasi pantai adalah upaya yang dilakukan oleh manusia untuk mengubah suatu lingkungan alam menjadi lingkungan buatan.

Pada dasarnya, reklamasi merupakan kegiatan mengubah wilayah perairan pantai menjadi daratan, dengan cara mengubah garis pantai atau kontur kedalaman perairan.

Baca juga: Pantai dan Pesisir: Perbedaan dan Fungsinya

Tujuan reklamasi pantai adalah untuk meningkatkan sumber daya lahan yang awalnya tidak mempunyai manfaat atau kurang bermanfaat menjadi lebih bermanfaat apabila ditinjau dari aspek lingkungan, aspek sosial, dan aspek ekonomi wilayah setempat.

Lahan yang dapat dijadikan tempat untuk melakukan reklamasi adalah kawasan pantai, lepas pantai atau offshore, danau, rawa-rawa ataupun sungai yang luas.

Kawasan yang dilakukan reklamasi selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk kawasan permukiman, perindustrian, bisnis dan pertokoan, pertanian, serta objek wisata.

Baca juga: 6 Perbedaan antara Pesisir dan Pantai

Dampak reklamasi pantai

Dalam melakukan reklamasi terhadap kawasan pantai, harus memperhatikan berbagai aspek atau dampak-dampak yang akan ditimbulkan oleh kegiatan tersebut.

Berikut dampak positif dan dampak negatif dati reklamasi pantai antara lain:

Dampak positif

Kegiatan reklamasi pantai dapat memberi dampak positif apabila dalam pelaksaannya menerapkan asas-asas keberlanjutan.

Baca juga: Manfaat Pantai dalam Aktivitas Manusia

Berikut dampak positif reklamasi pantai di antaranya:

  • Tersedianya lahan baru

Makin sempitnya wilayah daratan menjadikan reklamasi pantai sebagai alternatif upaya dalam pemenuhan kebutuhan lahan permukiman.

Reklamasi pantai memberikan keuntungan dalam mengembangkan wilayah, di mana tersedianya tanah atau lahan baru yang dapat dijadikan sebagai kawasan bisnis, hiburan, tempat pariwisata, dan sebagainya.

Baca juga: Contoh Profesi Masyarakat di Kawasan Pantai

  • Meningkatkan ekonomi

Kawasan pesisir atau tepian pantai merupakan daerah yang banyak menyimpan potensi ekonomi apabila dimanfaatkan dengan optimal.

Potensi sumber daya alam yang dimiliki wilayah pesisir dapat menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi di sepanjang wilayah tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com