Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Kandungan Mineral Pada Ikan dan Manfaatnya

Kompas.com - 01/12/2023, 20:00 WIB
Rahma Atillah,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang mengandung berbagai macam nutrisi dan banyak dikonsumsi masyarakat sebagai salah satu sumber protein hewani.

Selain protein, kandungan nutrisi lainnya juga memiliki peran yang tidak kalah penting bagi tubuh, salah satunya adalah mineral.

Mineral merupakan substansi anorganik yang sangat diperlukan oleh tubuh di samping karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin karena manfaatnya yang beragam.

Berikut yang termasuk sebagai mineral dalam tubuh ikan adalah kalsium, magnesium, kalium, iodium, natrium, zat besi, zinc, selenium, dan tembaga.

Baca juga: Ikan Konsumsi: Pengertian dan Contohnya

Kalsium

Kalsium adalah salah satu kation yang banyak ditemukan di dalam tubuh ikan, di mana fungsi utama kalsium adalah mengisi kepadatan atau densitas tulang.

Kadar kalsium dalam ikan berkisar sembilan miligram untuk setiap 100 gram ikan. Namun, pada jenis krustasea sekitar dua hingga empat kali lebih tinggi dari ikan.

Kalsium berperan dalam pembentukan gigi, dibutuhkan dalam pembekuan darah, transmisi saraf, stabilitas asam basa (pH) darah, dan juga mempertahankan keseimbangan air.

Baca juga: 4 Jenis Ikan dengan Kandungan Kalsium yang Tinggi

Magnesium

Ikan air tawar memperoleh ion magnesium secara aktif dari lingkungannya dan dari makanan, umumnya kadar magnesium dalam daging ikan sekitar 25 miligram untuk setiap 100 gram.

Bagi manusia, magnesium diperlukan untuk kesehatan jantung dan membantu mengatur ritme dan aktivitas elektrik jantung.

Selain itu, magnesium juga berperan dalam metabolisme energi, sintetis protein, sintetis dan pemecahan asam lemak, penggunaan glukosa, kontraksi otot, reaksi hormonal serta keseimbangan ionik seluler.

Kalium

Kalum merupakan salah satu mineral makro yang terkandung dalam tubuh ikan, di mana kadar kalium pada ikan sekitar 35 miligram untuk setiap 100 gram ikan.

Pada manusia, kalium berfungsi untuk mengaktifkan enzim, serta membantu dalam menjaga tekanan osmotik dan keseimbangan antara asam dan basa dalam tubuh.

Selain itu, kalium merupakan mineral yang berperan dalam mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah.

Baca juga: Ketahui Kandungan Gizi Pada Ikan Konsumsi

Iodium

Ikan dari laut banyak mengandung iodium, demikian juga hasil laut lainnya seperti rumput laut. Iodium sangat penting untuk mencegah penyakit gondok.

Iodium juga berperan dalam menunjang pertumbuhan normal, perkembangan fisik dan mental.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com