Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis Ikan dengan Kandungan Omega-3 Tinggi

Kompas.com - 18/11/2023, 13:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ikan merupakan sumber makanan yang banyak mengandung protein, lemak, vitamin dan mineral, serta penghasil terbesar asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh manusia.

Jenis asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan antara lain Docosahexaenoic acid (DHA), Eicosapentaenoic acid (EPA), Alpha-linolenic acid (ALA).

Adapun manfaat omega-3 adalah meningkatkan kekebalan tubuh, menghambat beberapa jenis kanker, menurunkan risiko penyakit jantung koroner, menekan kolesterol dan sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi.

Semua jenis ikan memiliki kandungan omega-3, namun ikan yang banyak mengandung lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh adalah ikan laut.

Baca juga: Ketahui Kandungan Gizi Pada Ikan Konsumsi

Adapun jenis-jenis ikan yang mengandung omega-3, sebagai berikut:

Ikan salmon

Ikan salmon merupakan salah satu sumber protein hewani yang kaya akan asam amino esensial, sumber lemak sehat yang kaya dengan asam lemak serta berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lemak di dalam ikan salmon sangat kaya dengan asam lemak omega-3, jenis omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon adalah EPA dan DHA.

Berdasarkan beberapa penelitian, 100 gram ikan salmon mampu mengandung omega-3 hingga 2,18 mg/gr.

Baca juga: Bagaimana Salmon Bermigrasi?

Ikan kod

Selama ini, minyak hati ikan kod (cod liver oil) telah dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pada anak karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Minyak hati ikan kod dapat menjadi sumber vitamin A, vitamin D, serta asam lemak omega-3, seperti asam EPA dan DHA.

Ikan tuna

Ikan tuna memiliki kandungan nutrisi yang tinggi untuk mengatasi permasalahan gizi. Dalam tiga ons daging ikan tuna terdapat 110 kalori, 24 gram protein, dan 2,78 mg/gr lemak omega-3

Dengan omega-3 nya yang tinggi, maka mengonsumsi ikan tuna sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung. Jenis omega-3 yang terkandung di dalam ikan tuna di antaranya EPA, DHA, dan ALA.

Baca juga: Omega-3: Pengertian, Fungsi, dan Sumbernya

Ikan makarel

Ikan makarel kaya akan asam lemak omega-3, yaitu jenis lemak sehat yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi tubuh.

Jenis omega-3 yang terkandung dalam ikan makarel adalah EPA dan DHA, dengan kandungan sebesar 4.58 mg/gr pada setiap 100gr ikan makarel.

Ikan sarden

Ikan sarden merupakan salah satu jenis ikan yang banyak mengandung omega-3. Jumlah kandungan omega-3 pada 100 gr ikan sarden sebesar 3,90 mg/gr.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com