Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Terumbu Karang dalam Bidang Sosial dan Ekonomi

Kompas.com - 18/11/2023, 12:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terumbu karang adalah ekosistem di laut yang terbentuk oleh biota luat penghasil kapur khususnya jenis-jenis karang batu dan alga berkapur, bersama dengan biota lain yang hidup di dasar lautan.

Secara ekologis, terumbu karang merupakan tempat organisme hewan maupun tumbuhan akuatik mencari makan dan berlindung.

Sedangkan secara fisik, terumbu karang menjadi pelindung pantai dan kehidupan ekosistem perairan dangkal dari abrasi laut.

Terumbu karang mampu memberikan manfaat dalam berbagai bidang. Adapun manfaat sosial ekonomi terumbu karang adalah sebagai berikut:

Baca juga: Apa itu Ekosistem Terumbu Karang?

Manfaat terumbu karang secara sosial

Secara sosial terumbu karang dapat dimanfaatkan sebagai media edukasi agar ekosistem di dalamnya dan di sekitarnya dapat lebih dikenal sehingga mudah untuk dipelajari.

Hal ini akan sangat bermanfaat sebagai pengetahuan agar tindakan pengelolaan dan pelestarian yang dilakukan terumbu karang lebih tepat sehingga kerusakan terumbu karang dapat diatasi dengan mudah.

Adapun manfaat sosial dari terumbu karang:

  • Sebagai sarana rekreasi masyarakat

Keindahan yang diberikan terumbu karang membuatnya memiliki fungsi sosial baik masyarakat lokal maupun masyarakat asing yang ingin melihat keindahaan yang dimiliki oleh ekosistem terumbu karang.

  • Penunjang kegiatan pendidikan dan penelitian

Terumbu karang bermanfaat dalam kegiatan pendidikan terutama untuk mengenal ekosistem pesisir, mengenal tumbuhan dan hewan laut, serta pendidikan pelestarian alam.

Selain itu terumbu karang berperan juga sebagai sarana penelitian, sebab terumbu karang ditinggali oleh berbagai biota laut sehingga dapat dijadikan sebagai obyek penelitian.

Baca juga: Mengapa Terumbu Karang perlu Dilestarikan?

Manfaat terumbu karang secara ekonomi

Keberadaan ekosistem terumbu karang dapat berdampak pada ekonomi dan pengembangan wilayah pesisir.

Nilai ekonomis dari terumbu karang yang menonjol adalah sebagai lokasi penangkapan berbagai jenis biota laut baik konsumsi maupun hias, bahan bangunan, bahan baku farmasi dan sebagai tempat rekreasi.

Berikut manfaat terumbu karang secara ekonomi antara lain:

  • Sumber pangan

Terumbu karang merupakan sumber penghasil komoditi perikanan yang tinggi, sebab di dalamnya hidup berbagai jenis ikan yang dapat ditangkap untuk kebutuhan pangan manusia.

Adapun biota yang habitatnya berada di ekosistem terumbu karang antara lain rumput laut dan berbagai jenis ikan, udang, kepiting, serta teripang.

Baca juga: Terumbu Karang: Jenis, Fungsi dan Dampak Kerusakan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com