Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sistem Budidaya Ikan dan Peranannya

Kompas.com - 15/11/2023, 03:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam sektor perikanan, budidaya merupakan salah satu kegiatan produksi selain kegiatan penangkapan ikan (perikanan tangkap) dan pengolahan.

Budidaya perikanan merupakan salah satu sub-sektor yang diharapkan dapat mewujudkan misi kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan.

Perikanan budidaya menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi andalan yang diwujudkan melalui sistem budidaya yang memiliki daya saing dan berkelanjutan.

Baca juga: Ikan Konsumsi: Pengertian dan Contohnya

Apa itu sistem budidaya ikan?

Sistem budidaya ikan adalah kegiatan untuk memproduksi biota (organisme) akuatik di lingkungan terkontrol dalam rangka mendapatkan keuntungan (profit).

Kegiatan budidaya ikan meliputi kegiatan pemeliharaan untuk memperbanyak (reproduksi), menumbuhkan (growth), serta meningkatkan mutu biota akuatik sehingga diperoleh keuntungan.

Tujuan budidaya perikanan yaitu untuk mendapatkan produksi perikanan yang lebih baik atau lebih banyak dibandingkan dengan hasil ikan yang hidup di alam liar.

Budidaya ikan dilakukan dalam rangka memperoduksi ikan dalam suatu wadah atau media terkontrol dan berorientasi pada keuntungan.

Organisme akuatik yang dapat dibudidaya mencakup kelompok ikan (finfish), udang (crustasea), hewan bercangkang (molusca), echinodermata, alga, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengaruh Budidaya Perikanan terhadap Aspek Ekonomi

Peranan sistem budidaya ikan

Kegiatan pengembangan budidaya perikanan dilakukan untuk mewujudkan ketahanan pangan, kesehatan, serta peningkatan kesejahteraan dan pembangunan wilayah.

Adapun peranan sistem budidaya perikanan di antaranya: 

Penyediaan sumber protein hewani

Ikan dan hewan air lainnya merupakan sumber protein dan gizi lainnya yang sangat baik, bergizi dan murah dibandingkan dari sumber protein lainnya seperti ayam dan daging.

Produk perikanan memiliki zat gizi yang dapat menunjang pemenuhan gizi masyarakat dan memberi banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Baca juga: Pengaruh Budidaya Perikanan terhadap Sumber Daya

Peningkatan ketersediaan lapangan kerja dan pendapatan

Budidaya ikan menjadi sebuah kegiatan usaha yang berkontribusi bagi penyediaan lapangan kerja dan sumber pendapatan, baik secara langsung maupun tak langsung bagi masyarakat.

Dengan banyaknya aktivitas budidaya ikan, maka semakin luas juga kesempatan kerja bagi masyarakat setempat sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.

Pengembangan wilayah

Untuk memulai bisnis budidaya ikan konsumsi tidak harus berlokasi di pinggir pantai karena ikan konsumsi jenis air tawar dapat dibudidaya di lahan sekitar.

Lahan yang masih memadai untuk dikembangkan usaha budidaya ikan air tawar adalah di pedesaan.  Usaha budidaya ikan air tawar di pedesaan tentunya membantu dalam pengembangan wilayah desa utamanya infrastruktur, ekonomi, dan kesejahteraan.

Baca juga: Perbedaan Kolam dan Bak sebagai Wadah Budidaya Ikan Konsumsi

Pelestarian plasma nutfah

Ikan dari perairan umum hampir mengalami penurunan produksi dan kepunahan karena aktivitas penangkapan berlebih dan pencemaran.

Upaya domestikasi dan pembenihan diharapkan dapat untuk penyediaan atau restocking sumberdaya ikan di perairan umum dan pengembangan usaha budidaya.

 

Referensi:

  • Kukuh Nirmala, Yani Hadiroseyani, Yuni Puji Hastuti. 2017. Budidaya Perikanan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  • Soedibya Petrus H.T., dan Pramono Taufik B. 2018. Budidaya Perairan Tawar. Purwokerto: BPU Unit Percetakan Universitas Jendral Soedirman
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com