Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Budidaya Perikanan terhadap Aspek Ekonomi

Kompas.com - 05/11/2021, 09:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comBudidaya perikanan adalah kegiatan pengembangiakan ikan dan organisme laut lainnya untuk kebutuhan ekonomi.

Budidaya ikan memberikan dampak yang sangat besar dalam aspek ekonomi. Apa saja pengaruh usaha budidaya perikanan terhadap aspek ekonomi?

Pengaruh budidaya ikan

Berikut adalah contoh-contoh pengaruh budidaya perikanan terhadap aspek ekonomi:

Mengurangi Pengangguran

Menurut JM Acheson dalam buku Antropology of Fishing (1981), masyarakat pesisir pantai kurang sejahtera karena gangguan lingkungan seperti cuaca buruk, ombak besar, angin besar, dan juga lingkungan sosialnya.

Gangguan lingkungan tersebut adalah musim paceklik yang membuat nelayan tidak bisa melaut dan menjadi pengagguran. Budidaya perikanan mengentaskan musim paceklik tersebut dengan menyediakan pekerjaan.

Nelayan yang tidak bisa melaut karena cuaca buruk dapat melakukan budidaya ikan agar tetap memiliki pendapatan. Budidaya juga memberikan lapangan pekerjaan yang dapat mengurangi gerakan-gerakan.

Baca juga: Perhitungan Biaya Budidaya Tanaman Hias

Peningkatan pendapatan perkapita

Lapangan pekerjaan dari budidaya perikanan yang mengurangi gerakan, secara otomatis meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat.

Selain menjadi utama pendapatan, kegiatan budidaya perikanan juga dapat menjadi pendapatan sampingan yang juga meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat.

Meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat membuat masyarakat lebih sejahtera karena lebih mampu mengakses makanan, pendidikan, sanitasi, kesehatan, dan juga kebutuhan manusia lainnya.

Membantu pertumbuhan ekonomi nasional

Naiknya pendapatan perkapita tiap daerah karena pengaruh budidaya perikanan terhadap aspek ekonomi, secara tidak langsung membantu pertumbuhan ekonomi nasional.

Sumber modal pembangunan nasional

Laporan dari Food and Agriculture Organization of the United Nations , pada tahun 2012 Indonesia menduduki peringkat ke-2 dalam produksi ikan tangkap dan peringkat ke-4 dalam produksi budidaya perikanan. Menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemasok ikan terbesar bagi dunia.

Baca juga: Pertimbangan Wirausaha Budidaya Tanaman Hias

Komoditas ekspor budidaya perikanan memberikan devisa bagi negara. Menurut Kementerian PPN/ bappenas dalam buku Kajian Strategi Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan (2014), pendapatan perikanan Indonesia tersebut dikelola dengan baik, berkelanjutan, dan bertanggung jawab dapat menjadi salah satu modal utama pembagunan negara di masa kini maupun masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com