Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhitungan Biaya Budidaya Tanaman Hias

Kompas.com - 12/01/2021, 18:50 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Selain mencari ide dan merencanakan usaha, pelaku usaha juga harus memikirkan masalah pengelolaan keuangan.

Pengelolaan keuangan biasanya terdiri dari, biaya investasi dan operasional, menemukan harga pokok produksi, menentukan besaran margin, sampai memutuskan berapa harga jual produknya.

Dalam buku Pengantar Bisnis (2018) karya Sentot Imam Wahjono, faktor untuk menetapkan harga pokok produksi, di antaranya biaya investasi, biaya tetap (listrik, air, lokasi, dan lainnya), serta biaya tidak tetap (bahan baku, tenaga kerja, dan overhead).

Kuantitas produk sangat memengaruhi harga pokok produksi. Semakin besar kuantitas produk, efisiensi bisa ditekan dan harga pokok produksi akan semakin kecil.

Harga Pokok Produksi (HPP) dapat diperoleh dari jumlah biaya yang dikeluarkan untuk produksi. Penetapan Harga Jual Produk (HJP) dimulai dari HPP per unit.

Baca juga: Pertimbangan Wirausaha Budidaya Tanaman Hias

HPP per unit merupakan HPP dibagi dengan jumlah produk yang dihasilkan. Contoh, dalam satu kali produksi tanaman hias dengan HPP Rp 4 juta dapat menghasilkan 8.000 tangkai bunga.

Maka HPP per tangkainya Rp 4 juta dibagi 8.000 adalah Rp 500. Sedangkan Harga jual adalah HPP ditambah dengan laba yang diinginkan.

Metode penetapan harga produk

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, secara teori terdapat tiga pendekatan penetapan harga produk, yaitu:

  • Pendekatan permintaan dan penawaran

Dari tingkat permintaan dan penawaran ditentukan harga keseimbangan dengan mencari harga yang mampu dibayar konsumen dan harga yang diterima produsen. Sehingga terbentuk jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan.

  • Pendekatan biaya

Menentukan harga dengan menghitung biaya yang dikeluarkan produsen dengan tingkat keuntungan yang diinginkan. Baik dengan markup rpicing dan break even analysis.

Baca juga: Proses Produksi Budidaya Tanaman Hias

  • Pendekatan pasar

Merumuskan harga untuk produk yang dipasarkan dengan menghitung variabel yang memengaruhi pasar dan harga, seperti kondisi politik, persaingan, sosial budaya, dan lainnya.

Jika HPP sudah ditentukan, maka harga jual sudah bisa ditetapkan. harga jual ditentukan dengan mempertimbangkan harga kompetitor dan besaran margin yang ingin diraih oleh perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com