Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wirausaha Produk Grafika

Kompas.com - 06/01/2021, 19:21 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Perkembangan desain dan teknologi tentu memberikan peluang kepada orang-orang untuk mengeksplorasi kreativitas dalam menghasilkan produk.

Dalam buku Graphic Products (2005) karya Geoff Hancock, produk grafik adalah subyek yang menarik dan kreatif. Grafik sendiri memiliki arti presentasi visual untuk memberikan ifnormasi atau keindahan.

Tanpa disadari produk grafik sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari, seperti buku, poster, baliho, gambar, kemasan, dan lainnya.

Bahkan produk grafik sebenarnya sudah aja sejak zaman prasejarah, yaitu melalui lukisa-lukisan di gua.

Lukisan prasejarah kebanyakan berupa cap tangan, gambar manusia dan hewan, benda-benda tajam, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Kemasan dan Pemasaran Produk Kerajinan Obyek Lokal

Perkembangan grafika terus melaju karena ditunjang oleh teknologi, salah satunya teknologi cetak. Teknologi cetak mampu membuat gambar yang sama secara berulang.

Jika awalnya teknologi cetak menggunakan material kayu sebagai alatnya, kini sudah berkembang menggunakan teknologi elektronika dan informatika.

Seseorang tinggal menggambar atau menaruh gambar ke komputer yang sudah dihubungkan dengan mesin cetak. Saat itu juga, mesin cetak mampu menghasilkan beberapa produk cetak yang sama dalam jumlah yang banyak.

Produk grafika

Teknologi grafika tentunya menghasilkan produk grafika, terdiri atas teks dan gambar yang membentuk informasi. Karya desain atau karya seni masuk dalam kategori produk grafika.

Menurut Tri Weda dalam bukunya Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM (2019), sebuah karya desain grafis menyampaikan informasi dan pesan dengan jelas. Di mana teks dan gambar dibuat saling menguatkan pesan yang akan disampaikan.

Baca juga: Perancangan dan Produksi Kerajinan Obyek Budaya Lokal

Produk grafika bisa menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan sebuah usaha. Wirausaha produk grafis semakin banyak seiring dengan berkembangnya teknologi.

Peluang usaha pada bidang teknologi grafika dapat dilihat dari kebutuhan yang ada di wilayah setempat, melihat ketersediaan bahan dan material yang ada, serta melihat usaha grafika yang sudah ada.

Sebelum membuat produk grafik, tentunya diperlukan perencanaan dan memilih jenis cetak yang akan digunakan. Kemudian memulai produksi, dengan memperhitungkan biaya produksi.

Langkah terakhir adalah memilih kemasan untuk display dan distribusinya, serta pemasaran yang akan dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com