Sumber-Sumber Energi Panas

Kompas.com - 12/01/2021, 18:02 WIB
Ilustrasi api ShutterstockIlustrasi api

KOMPAS.com - Energi panas adalah energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Energi panas digunakan untuk fotosintesis makhluk hidup, memasak makanan, menghangatkan diri, bahkan membangkitkan listrik.

Namun tahukah kamu apa saja sumber energi panas? Untuk mengetahuinya, simak pembahasannya berikut ini!

Api

Api adalah sumber energi panas yang telah digunakan sejak zaman prasejarah oleh manusia purba. Hingga masa modern, api tetap digunakan terutama untuk memasak makanan agar dapat dikonsumsi dengan aman oleh manusia.

Matahari

Tidak diragukan lagi bahwa Matahari adalah sumber energi panas terbesar, menerangi dan menjaga Bumi tetap hangat. Keberadaan Mataharilah yang membuat Bumi dapat ditinggali dan tumbuhan dapat membuat makanannya dengan cara fotosintesis.

Di zaman ini, energi panas Matahari digunakan juga untuk membangkitkan listrik. Panas Matahari dapat membangkitkan energi listrik dalam jumlah besar dan tidak akan pernah habis.

Baca juga: Cara Sederhana Membuktikan Energi Panas

Listrik

Energi listrik dapat menghasilkan energi panas. Contohnya adalah setrika, catokan rambut, pemanas ruangan, dan berbagai macam pemanas air seperti teko listrik, dispenser, dan juga water heater dalam kamar mandi.

Panas Bumi

Energi panas Bumi atau energi geothermal adalah energi panas yang berasal dari inti bumi. Panas Bumi tersebut dapat keluar ke permukaan Bumi dalam wujud sumber air panas, kawah vulkanis, dan geyser.

Panas Bumi ini digunakan sebagai penggerak generator untuk pembangkit listrik dan juga gas alamnya digunakan sebagai bahan bakar.

Dilansir dari National Geographic, panas bumi merupakan sumber energi tidak terbatas yang tidak akan habis dan lebih ramah lingkungan dibanding bahan bakar fosil. Energi panas Bumi juga digunakan untuk pariwisata seperti kolam renang air panas dan juga wisata kawah vulkanis.

Baca juga: Bagaimana Cara Nenek Moyang Kita Mendapatkan Api?

Bahan Bakar

Pembakaran bahan bakar adalah salah satu sumber energi panas yang sering digunakan oleh manusia.

Bahan bakar yang digunakan dapat berupa bahan bakar fosil seperti minyak tanah, batu bara, gas alam, bensin, avtur, dan solar. Namun bisa juga berupa bahan bakar alami seperti kayu, rumput dan daun kering.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X