Kompas.com - 04/11/2021, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Budidaya perikanan memengaruhi sumber daya perairan. Apabila cara budidayanya tepat, sumber daya perairan akan tetap terjaga. Sebaliknya, jika caranya tidak tepat, sumber daya perairan bisa terganggu kelestariannya.

Menurut Andi Iqbal Burhanuddin dan kawan-kawan, dalam buku Merajut Asa di tengah Pandemi Covid-19 (Pandangan Akademisi UNHAS) (2020), budidaya perikanan adalah pemeliharaan ikan atau jenis biota air lainnya, yang dilakukan secara teratur dan terkontrol.

Contoh budidaya perikanan yang sering dilakukan ialah tambak, jaring apung, budidaya di kolam, budidaya di laut, dan sejenisnya.

Melansir dari situs Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, ikan bukanlah satu-satunya hewan air yang bisa dibudidaya dalam budidaya perikanan.

Karena istilah perikanan tidak selalu mengacu pada ikan, yakni hewan bersisik yang bernapas dengan insang. Perikanan bisa mencakup ikan, udang, kerang, kepiting, cumi, bahkan tanaman air.

Baca juga: Alat yang Digunakan Nelayan Modern untuk Menangkap Ikan

Pengaruh budidaya perikanan terhadap sumber daya

Budidaya perikanan memengaruhi sumber daya perikanan. Salah satunya kelestarian hewan perairan, seperti ikan, atau hewan lainnya yang dibudidaya.

Proses budidaya perikanan harus dilakukan dengan tepat. Tujuannya untuk menjaga kelestarian hewan. Contohnya pemberian pakan yang sesuai, proses panen, dan pembuangan limbah yang benar.

Selain itu, budidaya juga menjadi salah satu upaya mengatasi tindakan eksploitasi perikanan dan hewan perairan lainnya. Eksploitasi merupakan pengambilan dan pemanfaatan berlebihan terhadap sumber daya alam.

Adanya budidaya perikanan membantu mengontrol ketersediaan sumber daya alam, khususnya sumber daya perairan, sehingga bisa terhindar dari kepunahan.

Baca juga: Alat yang Digunakan Nelayan Tradisional untuk Menangkap Ikan

Apa saja pengaruh usaha budidaya perikanan terhadap sumber daya?

Berikut ini beberapa pengaruh usaha budidaya perikanan terhadap sumber daya:

  1. Budidaya perikanan memengaruhi kelestarian hewan, sehingga proses budidayanya harus dilakukan dengan tepat.
  2. Budidaya perikanan membantu mengontrol ketersediaan sumber daya perairan dan sebagai salah satu upaya mengatasi eksploitasi sumber daya alam.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.