Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Budidaya Perikanan terhadap Sumber Daya

Kompas.com - 04/11/2021, 15:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Budidaya perikanan memengaruhi sumber daya perairan. Apabila cara budidayanya tepat, sumber daya perairan akan tetap terjaga. Sebaliknya, jika caranya tidak tepat, sumber daya perairan bisa terganggu kelestariannya.

Menurut Andi Iqbal Burhanuddin dan kawan-kawan, dalam buku Merajut Asa di tengah Pandemi Covid-19 (Pandangan Akademisi UNHAS) (2020), budidaya perikanan adalah pemeliharaan ikan atau jenis biota air lainnya, yang dilakukan secara teratur dan terkontrol.

Contoh budidaya perikanan yang sering dilakukan ialah tambak, jaring apung, budidaya di kolam, budidaya di laut, dan sejenisnya.

Melansir dari situs Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, ikan bukanlah satu-satunya hewan air yang bisa dibudidaya dalam budidaya perikanan.

Karena istilah perikanan tidak selalu mengacu pada ikan, yakni hewan bersisik yang bernapas dengan insang. Perikanan bisa mencakup ikan, udang, kerang, kepiting, cumi, bahkan tanaman air.

Baca juga: Alat yang Digunakan Nelayan Modern untuk Menangkap Ikan

Pengaruh budidaya perikanan terhadap sumber daya

Budidaya perikanan memengaruhi sumber daya perikanan. Salah satunya kelestarian hewan perairan, seperti ikan, atau hewan lainnya yang dibudidaya.

Proses budidaya perikanan harus dilakukan dengan tepat. Tujuannya untuk menjaga kelestarian hewan. Contohnya pemberian pakan yang sesuai, proses panen, dan pembuangan limbah yang benar.

Selain itu, budidaya juga menjadi salah satu upaya mengatasi tindakan eksploitasi perikanan dan hewan perairan lainnya. Eksploitasi merupakan pengambilan dan pemanfaatan berlebihan terhadap sumber daya alam.

Adanya budidaya perikanan membantu mengontrol ketersediaan sumber daya alam, khususnya sumber daya perairan, sehingga bisa terhindar dari kepunahan.

Baca juga: Alat yang Digunakan Nelayan Tradisional untuk Menangkap Ikan

Apa saja pengaruh usaha budidaya perikanan terhadap sumber daya?

Berikut ini beberapa pengaruh usaha budidaya perikanan terhadap sumber daya:

  1. Budidaya perikanan memengaruhi kelestarian hewan, sehingga proses budidayanya harus dilakukan dengan tepat.
  2. Budidaya perikanan membantu mengontrol ketersediaan sumber daya perairan dan sebagai salah satu upaya mengatasi eksploitasi sumber daya alam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com