Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Budidaya Perikanan terhadap Aspek Sosial

Kompas.com - 05/11/2021, 11:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kegiatan budidaya perikanan sebagai mata pencaharian memberikan banyak pengaruh, salah satunya adalah pafa aspek sosial.

Apa saja pengaruh usaha budidaya perikanan terhadap aspek sosial? Berikut penjelasannya:

Menjalin hubungan atau relasi

Kegiatan budidaya perikanan memberikan pengaruh terhadap aspek sosial yaitu menjalin hubungan atau relasi.

Hal ini karena budidaya perikanan tidak bisa dilakukan sendiri, namun memerlukan bantuan orang lain. Bantuan tersebut bisa datang dari keluarga dan orang sekitar.

Usaha budidaya ikan juga dapat membangun relasi antar sesama pembudidaya, pembeli, pengepul, penyalur, Dinas Perikanan, dan semua orang yang terlibat dalam pengembangan budidaya perikanan.

Baca juga: Wirausaha Budidaya Tanaman Hias

Terpenuhinya kebutuhan pangan 

Tike Dwi Putri dan kawan-kawan dalam jurnal Dampak Usaha Perikanan Budidaya terhadap Kondisi Lingkungan dan Sosial Ekonomi Masyarakat pada Lahan Pasang Surut Kabupaten Bayuasin Propinsi Sumatera Selatan (2014) menyebutkan kondisi perikanan tangkap mengalami penurunan di beberapa wilayah Indonesia sementara konsumsi ikan mengalami peningkatan sering dengan peningkatan penduduk.

Budidaya perikanan berperan untuk menaikkan produksi ikan yang tidak bergantung pada musim paceklik seperti perikanan tangkap. Budidaya ikan menghasilkan ikan dan makanan laut yang dapat mencukupi kebutuhan dan menjaga ketahanan pangan nasional.

Mensejahterakan masyarakat

Kemiskinan merupakan masalah sosial yang sangat serius. Kegiatan budidaya perikanan dapat membantu kegiatan ekonomi masyarakat dengan menyediakan lapangan pekerjaan, menyediakan pasar, dan menaikkan pendapatan perkapita.

Naiknya pendapatan masyarakat dapat meningkatkan taraf hidup. Naiknya pendapatan mempengaruhi langsung peningkatan pendidikan, sanitasi, kesehatan, dan juga pendidikan yang mencirikan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Proses Produksi Budidaya Tanaman Hias

Dalam aspek sosial, budidaya perikanan juga dapat mengurangi tindak kejahatan dan kriminalitas.

Semakin sejahtera suatu kelompok masyarakat, maka akan emakin rendah tidak kejahatan yang terjadi di daerah sekitar. Hal tersebut dikarenakan, sebagaian besar tindak kriminal dilatar belakangi oleh faktur ekonomi. 

Meningkatnya pendidikan

Perikanan budidaya adalah kegiatan yang diawasi pemerintah dan secara aktif pemerintah menyediakan pendidikan juga pelatihan keterampilan untuk menaikkan kualitas nelayan.

Pendapatan yang naik akibat budidaya perikanan juga dapat meningkatkan pendidikan dalam masyarakat sekitar. Meningkatnya pendidikan, melahirkan generasi bangsa yang cerdas dan terdidik, juga mempunyai kesempatan lebih besar untuk mencapai kesuksesan.

Sehingga secara tidak langsung, budidaya perikanan juga berdampak pada penegakan hak asasi manusia. Pada kasus ini, adalah hak dalam memperoleh pendidikan. 

Baca juga: Pertimbangan Wirausaha Budidaya Tanaman Hias

Membantu menyejahterakan negara

Mengutip dari Food and Agriculture Organization of the United Nations, Indonesia berada di produksi perikanan budidaya ke-4 di dunia. Sehingga budidaya perikanan menjadi salah satu komoditas ekspor untuk memenuhi kebutuhan pangan dunia.

Subhechanis Saptanto dalam jurnal Daya Saing Ekspor Produk Perikanan Indonesia di Lingkup ASEAN dan ASEAN-China (2011) menyebutkan ekspor juga merupakan salah satu komponen untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat karena memberikan sumbangan devisa dalam rangka pembangunan ekonomi.

Dengan naiknya pendapatan devisa negara, otomatis akan membantu pertumbuhan ekonomi nasional yang bertujuan untuk menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com