Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Prinsip Pencegahan Hama dan Penyakit pada Ikan

Kompas.com - 21/09/2023, 04:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam kegiatan budidaya atau memelihara biota air seperti ikan, kita perlu memperhatikan kondisi ikan dan lingkungannya agar ikan yang dipelihara dapat tetap terjaga kesehatannya.

Hama dan penyakit merupakan salah satu permasalahan yang umum pada setiap kegiatan budidaya.  Oleh sebab itu, sebelum melakukan kegiatan budidaya, kita juga perlu memahami terkait pencegahan hama dan penyakit pada ikan.

Dalam mencegah dan menjaga kesehatan biota air, perlu adanya upaya yang diterapkan pada kegiatan budidaya.

Prinsip pencegahan hama pada ikan

Prinsip dalam mencegah dan melawan infeksi patogen pada ikan, di antaranya:

Baca juga: Penggolongan Ikan berdasarkan Ekologinya

  • Proteksi (protection)

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), proteksi diartikan sebagai pelindungan. Dalam hal ini dapat didefinisikan bahwa proteksi adalah upaya perlindungan untuk mencegah masuknya patogen ke dalam sistem budidaya.

Ikan memiliki proteksi alami berupa lendir yang diproduksi oleh tubuhnya. Lendir pada tubuh ikan berfungsi untuk menjaga permukaan tubuh dari gesekan serta mengendalikan infeksi parasit di permukaan tubuh ikan.

  • Pencegahan (prevention)

Pencegahan dilakukan untuk memperkuat proteksi agar patogen tidak masuk dan menginfeksi ikan budidaya. Pencegahan ikan dari infeksi patogen dilakukan dengan cara memelihara imunitas.

Salah satu cara untuk menjaga imunitas yaitu dengan menjaga keseimbangan nutrisi di dalam tubuh ikan melalui pemberian pakan yang baik.

Baca juga: 5 Ikan Air Tawar yang Biasa Dikonsumsi 

Metode pencegahan hama dan penyakit 

Pencegahan merupakan tindakan yang paling efektif dibandingkan pengobatan, sebab pencegahan dilakukan sebelum terjadinya serangan penyakit sehingga risikonya tidak terlalu besar.

Berdasarkan prinsip pencegahan, ada beberapa aktivitas yang dilakukan untuk mencegah masuknya patogen ke dalam unit budidaya, di antaranya:

Air

Syarat air yang diperuntukkan bagi budidaya yaitu air bebas patogen yang memenuhi syarat temperatur, pH, oksigen terlarut serta faktor fisika dan kimia air.

Berdasarkan PP No. 82 Tahun 2001, pH ideal untuk budidaya ikan air tawar yaitu 6-9 dengan kisaran optimal 7,5 – 8,7 dan sumber air yang digunakan harus tersedia dalam jumlah cukup sepanjang tahun.

Pakan

Dalam budidaya ikan, pakan yang dipilih haruslah tepat dalam hal ukuran, nutrisi, kesegaran dan kualitas. Penyesuaian kebutuhan pakan dan teknik pemberian pakan ikan harus disesuaikan dengan bentuk mulut dan tingkah laku makan ikan.

Baca juga: Bentuk-Bentuk Mulut Pada Ikan

Kepadatan rendah

Kepadatan ikan harus menyesuaikan dengan tingkat budidaya, overstocking pada kolam budidaya dapat meningkatkan adanya kompetisi pakan bahkan mengakibatkan ikan stres sehingga dapat menghambat pertumbuhan ikan.

Kepadatan ikan pada budidaya ikan semi intensif berkisar antara 1-5 kg/m3, sedangkan untuk budidaya intensif dapat mencapai 20 kg/m3.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com