Kompas.com - 24/06/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi ikan shutterstockIlustrasi ikan

KOMPAS.com - Ikan merupakan salah satu kerjaan hewan yang memiliki keberagaman spesies yang tinggi.

Dilansir dari National Geographic, total spesies ikan yang hidup di bumi mencapai angka 32 ribu spesiesyang berarti ikan memiliki jumlah lebih banyak daripada jumlah total spesies vertebrata (amfibi, reptil, burung, dan mamalia) yang hidup di bumi.

Hal tersebut tidak aneh jika mengingat bahwa bumi kita ditutupi oleh 70 persen air, sehingga kebanyakan penghuni planet ini juga adalah ikan yang hidup di air.

Ikan tersebar di seluruh penjuru dunia dengan kondisi habitat yang beragam. Jika diperhatikan beberapa spesies ikan berbeda dengan spesies lainnya, terutama pada bagian mulut atau hidung ikan.

Baca juga: Nama-nama Ikan dalam Bahasa Inggris

Dilansir dari Biology EduCare, sebagai hasil evolusi ikan telah memperoleh adaptasi struktural untuk mengambil makanan dalam kondisi alam dan keragaman yang berbeda. Oleh karena itu menurut makanannya, bentuk hidung atau mulut ikan berbeda-beda. Berikut penjelasannya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Killifishwikipedia.org/Andreas Wretström Killifish
    Superior

Bentuk mulut superior pada ikan adalah mulut yang membuka ke atas dengan rahang bawah yang lebih panjang daripada rahang atas.

Rahang bentuk superior didesain untuk memakan mangsanya dari bawah atau di atas permukaan air.

Contoh ikan dengan bentuk mulut superior adalah killifish, ikan kapak sungai, dan stargazer fish atau ikan pengamat bintang.

  • Terminal

Kebanyakan ikan memiliki mulut yang terletak di bagian depan kepala dan mengarah ke depan atau yang dinamakan bentuk terminal.

Baca juga: Tahapan Sampling Ikan Laut

Ikan dengan mulut berbentuk terminal memiliki pnajng rahang atas dan bawah yang sama, dan seringkali memakan mangsa yang mengambang di depannya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X