Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sistem Pertanian Homogen beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Kompas.com - 08/11/2023, 02:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pertanian merupakan kegiatan manusia untuk memperoleh hasil yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang awalnya dicapai dengan sengaja menyempurnakan segala kemungkinan yang telah diberikan oleh alam, guna mengembangbiakkan tumbuhan tersebut.

Dalam setiap kegiatan pertanian, baik dalam perkebunan, tanaman pangan, maupun hortikultura, tentu menggunakan pola tanam.

Pola tanam adalah usaha penanaman pada sebidang lahan dengan mengatur tata letak dan tata urutan tanaman dalam periode waktu tertentu, termasuk masa pengolahan tanah dan masa bera atau tidak ditanam selama periode tertentu.

Salah satu jenis pola tanam yang umum digunakan adalah sistem pertanian homogen. Berikut pengertian serta kelebihan dan kekurangan sistem pertanian homogen:

Baca juga: Komoditas Andalan Indonesia dari Hasil Pertanian, Pertambangan, dan Perkebunan

Apa itu sistem pertanian homogen?

Sistem pertanian homogen adalah suatu pendekatan dalam pertanian di mana lahan pertanian di suatu daerah dikelola secara seragam dengan menanam satu jenis tanaman atau komoditi yang sama.

Pada sistem pertanian homogen, pendekatan-pendekatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi produksi dan pengelolaan lahan.

Konsep sistem pertanian homogen didasarkan pada produksi tunggal atau hanya beberapa jeniskomoditas tanaman yang sama.

Lantas, apakah sistem pertanian homogen dapat diterapkan di Indonesia?

Sistem pertanian homogen dapat diterapkan di Indonesia, namun dalam konteks tertentu atau tidak bisa diterapkan di sembarang tempat. 

Penerapan sistem pertanian homogen cenderung lebih efektif dalam konteks pertanian komersial besar daripada di tingkat petani kecil atau di seluruh negeri.

Jenis sayuran yang umumnya ditanam dalam skala besar dengan sistem pertanian homogen adalah kentang, kubis, cabai, tomat, bawang merah, dan bawang putih.

Baca juga: Contoh Manfaat Sumber Daya Alam Hasil Pertanian

Kelebihan sistem pertanian homogen

Sistem pertanian homogen memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Dapat mengintensifkan suatu komoditas pertanian

Sistem pertanian homogen dianggap mampu mengintensifkan suatu komoditas pertanian, maka dapat diartikan bahwa sistem ini dapat meningkatkan produksi dan kualitas komoditas tersebut.

  • Kemudahan manajemen, perawatan, hingga pemasaran produk

Manajemen dalam hal ini mencakup pembuatan pola, pengelolaan, pengawasan, hingga tahap pemasaran produk.

Dalam sistem pertanian homogen, karena yang ditanam hanya satu jenis komoditas maka dalam manajemennya cenderung lebih efisien.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com