Kompas.com - 22/11/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi komoditas andalan Indonesia bidang pertanian, pertambangan, dan perkebunan KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi komoditas andalan Indonesia bidang pertanian, pertambangan, dan perkebunan

KOMPAS.com - Indonesia memiliki sejumlah komoditas andalan dari hasil pertanian, pertambangan, dan perkebunan.

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komoditas andalan adalah produk atau jasa yang menjadi daya tarik utama. Artinya komoditas (produk atau jasa) tersebut punya posisi penting dan banyak diperjualbelikan.

Komoditas andalan Indonesia 

Berikut komoditas andalan Indonesia dari hasil pertanian, pertambangan, dan perkebunan, yaitu: 

Hasil pertanian dan perkebunan

Melansir dari situs Kementerian Pertanian Republik Indonesia, berikut empat komoditas andalan dari hasil pertanian dan perkebunan Indonesia:

  • Karet

Adalah komoditas andalan Indonesia dari hasil pertanian dan perkebunan. Karet menjadi komoditas ekspor yang paling sering dikirim ke luar negeri, seperti Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok.

Baca juga: Contoh Komoditas Ekspor dari Bali

  • Kelapa sawit

Sawit menjadi komoditas andalan Indonesia dari hasil pertanian dan perkebunan. Komoditas ini sering diekspor ke India dan Republik Rakyat Tiongkok.

  • Kakao

Kakao beserta produk berbahan kakao menjadi komoditas andalan Indonesia. Kakao sering diekspor ke negara lain, seperti Amerika Serikat serta Malaysia.

  • Kopi

Termasuk dalam salah satu komoditas andalan Indonesia. Hasil produksi kopi banyak yang diekspor ke Amerika Serikat serta Jerman.

Hasil pertambangan

Komoditas unggulan Indonesia dari hasil pertambangan adalah:

  • Batu bara

Menurut Anggun Purizza Putry dalam jurnal Strategi Meningkatkan Pangsa Pasar China Menjadi Negara Tujuan Utama Ekspor Batubara Indonesia, 2008-2011 (2014), batu bara merupakan komoditas andalan utama Indonesia dari hasil pertambangan.

Baca juga: Pengertian Komoditas dan Jenisnya

  • Tembaga

Selain batu bara, tembaga juga menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia dari hasil pertambangan. Salah satu alasannya karena ketersediaan tembaga yang sangat melimpah di Indonesia.

  • Bauksit

Bauksit juga termasuk komoditas andalan Indonesia dari hasil pertambangan. Menurut Gamal Komandoko dalam buku Ensiklopedia Pelajar dan Umum (2010), bauksit adalah biji aluminium. Beberapa pertambangan bauksit yang ada di Indonesia ialah Pulau Bintan dan Bangka Belitung.

  • Nikel

Nikel merupakan komoditas andalan Indonesia dari hasil pertambangan. Jumlah nikel yang melimpah di Indonesia menjadi alasan utama mengapa hasil tambang ini menjadi salah satu komoditas andalan asal Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.