Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Harimau Sumatera Dinyatakan sebagai Hewan yang Dilindungi di Indonesia?

Kompas.com - 30/10/2023, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Harimau Sumatera adalah hewan endemik asli dari Pulau Sumatera, Indonesia. Selain di habitat aslinya, kita sering menjumpai hewan ini di kebun binatang.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018, Harimau Sumatera masuk dalam jajaran satwa yang dilindungi di Indonesia.

Tahukah kamu mengapa Harimau Sumatera dinyatakan sebagai hewan yang dilindungi di Indonesia?

Alasan Harimau Sumatera dilindungi Indonesia

Foto: Proses evakuasi Harimau Sumatera di area perbatasan kebun sawit dan hutan di wilayah Huta Marihat Tongah, Nagori Marihat Raja, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Sumut, Senin 23 Oktober 2023.| Dok: BKSDA Sumut.KOMPAS.COM/TEGUH PRIBADI Foto: Proses evakuasi Harimau Sumatera di area perbatasan kebun sawit dan hutan di wilayah Huta Marihat Tongah, Nagori Marihat Raja, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Sumut, Senin 23 Oktober 2023.| Dok: BKSDA Sumut.

Dilansir dari situs WWF Indonesia, Harimau Sumatera memiliki nama lain Harimau Sunda. Istilah Sunda ini mengacu pada kawasan biogeografi Pulau Sumatera, Jawa, dan Bali.

Meski sudah memiliki payung hukum, sayangnya, populasi Harimau Sumatera tetap menurun, bahkan keberadaannya saat ini sangatlah mengkhawatirkan.

Baca juga: Apa Fungsi Belang pada Tubuh Harimau?

Pasalnya, Harimau Sumatera terancam punah akibat perburuan liar, pembukaan hutan untuk kawasan pertanian, serta pembukaan lahan untuk permukiman.

Tak hanya itu, perdagangan ilegal satwa ini sangat mengancam kehidupan spesies harimau tersebut di habitat aslinya.

Para pemburu sering menggunakan jerat sebagai alat utama menangkap satwa ini, karena dipandang mudah dan murah.

Selain perburuan dan perdagangan ilegal, serta rusaknya habitat, Harimau Sumatera terancam punah karena berkurangnya mangsa.

Walau tidak diburu, diperdagangkan, atau dirusak habitatnya, jika mangsanya tidak ada, spesies harimau ini pun juga tidak akan bisa bertahan hidup.

Karena itulah, oleh pemerintah Indonesia, Harimau Sumatera dinyatakan sebagai hewan yang dilindungi di Indonesia.

Baca juga: Mengapa Badak Bercula Satu Disebut sebagai Fauna Endemik di Ujung Kulon?

Jika disimpulkan, ada dua alasan utama mengapa Harimau Sumatera dinyatakan sebagai hewan yang dilindungi di Indonesia, yakni:

  • Dilindungi dari perburuan dan perdagangan liar
  • Karena terancam punah akibat kerusakan habitat dan berkurangnya jumlah mangsa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com