Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Pola Aliran Sungai beserta Penjelasan dan Contohnya

Kompas.com - 26/10/2023, 02:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pola aliran sungai adalah bentuk keseluruhan dari sistem jaringan suatu sungai beserta dengan cabang-cabangnya pada suatu daerah aliran.

Setiap sungai memiliki pola aliran yang berbeda-beda, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor geografis seperti struktur batuan, kemiringan semula, perbedaan kekerasan batuan, dan sebagainya.

Berikut jenis-jenis pola aliran sungai dan penjelasannya:

Baca juga: Asal Mula Terbentuknya Sungai

Pola aliran dendritik

Pola aliran dendritik adalah pola aliran sungai yang alirannya memiliki cabang-cabang yang menyerupai penampang pada garis daun.

Pola aliran dendritik dikontrol oleh litologi atau jenis batuan yang homogen dan tidak dikontrol oleh struktur. Biasanya terjadi pada batuan sedimen dengan perlapisan horizontal atau pada batuan beku dan batuan kristalan yang homogen. 

Contoh sungai dengan pola aliran dendritik adalah sungai Sungai Missouri dan Sungai Colorado di Amerika Serikat, serta Sungai Yarlung Tsangpo di Tibet.

Pola aliran radial

Pola aliran radial adalah pola aliran sungai yang arah alirannya menyebar secara radial dari suatu titik ketinggian tertentu, seperti puncak gunung api atau bukit intrusi.

Pola aliran radial juga dijumpai pada bentuk-bentuk bentang alam kubah (domes) dan laccolith. Pada bentang alam ini pola aliran sungainya kemungkinan akan merupakan kombinasi dari pola radial dan annular. 

Contoh sungai dengan pola aliran radial adalah di range Arkamatak, India.

Baca juga: Mengapa Sungai Mengalir dari Dataran Tinggi ke Dataran Rendah?

Pola aliran rectangular 

Aliran sungai yang terbentuk pada wilayah perpaduan antara batuan yang resisten terhadap erosi dan tidak resisten terhadap erosi adalah aliran sungai dengan tipe aliran rectangular.

Pola aliran rectangular merupakan pola aliran sungai yang menunjukkan arah tegak lurus diantara induk sungai dengan anak-anak sungai dan membentuk sudut.

Umumnya pola sungai ini di daerah batuan kapur, patahan, maupun rekahan. Sungai-sungainya mengikuti jalur yang kurang resisten dan terkonsentrasi di tempat tempat dimana singkapan batuannya lunak.

Ciri utama pola rectangular adalah saluran-saluran air yang mengikuti pola dari struktur kekar dan patahan. Contoh sungai dengan pola rectangular adalah Sungai Potomac di AS dan Sungai Vindhyan Mountain di India.

Pola radial sentrifugal

Pola aliran sentrifugal adalah pola sungai dimana alirannya mengalir ke segala arah dari satu titik, yang umumnya berkembang di daerah dome atau vulkan.

Pola aliran jenis ini biasanya dapat ditemui pada aliran sungai di daerah pegunungan. Contoh sungai dengan pola aliran radial sentrifungal adalah Sungai di daerah Dungusan Sopuntan, Sungai di Gunung Lawu dan di Gunung Slamet.

Baca juga: Bagian Sungai: Hulu, Tengah, dan Hilir

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com