Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sungai Mengalir dari Dataran Tinggi ke Dataran Rendah?

Kompas.com - 02/01/2023, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com Sungai memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan kita. Sungai selalu mengalir dari tempat yang berada di dataran tinggi ke dataran yang lebih rendah. Menurut pendapat kalian mengapa hal ini bisa terjadi?

Alasan mengapa sungai selalu mengalir dari tempat yang berada di dataran tinggi ke dataran yang lebih rendah adalah gaya gravitasi bumi.

Dilansir dari Science Learning Hub, gravitasi bumi menarik semua benda bermassa ke bumi. Tepatnya, ke pusat gravitasi bumi yaitu inti bumi.

Baca juga: Akibat Gaya Gravitasi pada Benda yang Ada di Bumi

Adapun, air adalah benda bermassa, sehingga air turut terdampak oleh gravitasi bumi. Dilansir dari NASA Earth Observatory, gravitasi menarik air ke bawan ke dalam bumi.

Hal tersebut menyebabkan air sungai yang berada di dataran tinggi akan tertarik gravitasi dan mengalir ke dataran yang lebih rendah.

Air akan terus mengalir ke dataran yang paling rendah di bumi. Karena makin rendah daratan, maka makin dekat juga tempat tersebut dengan pusat gravitasi (inti bumi).

Hal tersebut dapat menjelaskan mengapa air terjun dapat terjadi. Air sungai yang terus mengalir ke dataran lebih rendah akan berujung pada lautan ataupun akuifer (air di dalam tanah).

Baca juga: Pengertian Akuifer dan Macamnya

Keduanya, adalah dataran terendah di bumi tempat air terakumulasi. Air sungai kemudian akan diperbahraui oleh siklus air melalui turunnya air hujan.

Inilah mengapa air sungai tetap tersedia walaupun terus-menerus mengalir ke dataran yang lebih rendah.

Pada dasarnya, bagaimana gaya gravitasi menarik air sungai ke dataran rendah sama dengan saat gravitasi membuat semua benda jatuh ke bawah.

Tanpa adanya gaya gravitasi, air tidak akan tertarik ke dataran rendah. Misalnya, ketika air berada di planet yang gaya gravitasinya rendah atau tempat di luar angkasa tanpa gaya gravitasi.

Maka, air tidak akan mengalir ke dataran rendah, bahkan sungaipun tidak akan terbentuk. Hal tersebut diakibatkan gerakan air tidak terkontrol oleh gaya gravitasi, sehingga air hanya akan melayang-layang di luar angkasa tanpa pernah membentuk sungai ataupun mengalir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com