Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Gaya Gravitasi pada Benda yang Ada di Bumi

Kompas.com - 10/12/2022, 07:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comGravitasi adalah gaya yang menarik benda lain ke pusatnya. Gravitsi sangat penting bagi bumi. Namun, tahukah kamu apa akibat gaya gravitasi bumi pada benda yang ada di bumi?

Akibat gaya gravitasi bumi pada benda di bumi adalah:

  • Benda tetap dan tidak melayang
  • Benda jatuh ke bawah
  • Menahan atmosfer
  • Benda memiliki berat
  • Satelit tetap mengorbit
  • Air mengalir ke bawah

Baca juga: Gravitasi: Definisi dan Faktanya

Benda tetap dan tidak melayang

Manusia tidak bisa berdiri tegap dan melayang-layang tanpa adanya gaya gravitasi.nasa.gov Manusia tidak bisa berdiri tegap dan melayang-layang tanpa adanya gaya gravitasi.

Dilansir dari NASA, gaya gravitasi bumi membuat benda tetap berada di bumi. Gaya gravitasi menarik semua benda yang ada di bumi ke pusat bumi.

Sehingga, benda-benda tersebut dapat berada pada kedudukan yang tetap dan tidak melayang ataupun menghilang ke luar angkasa.

Seperti yang kita ketahui, bumi berputar pada porosnya dan terus bergerak mengelilingi matahari. Tanpa adanya gravitasi, benda di bumi akan bergerak dalam garis lurus dan menjauh dari bumi.

Hal ini berlaku juga pada manusia. Di mana gravitasi membuat manusia dapat berdiri dengan tegak di bumi tanpa terganggu oleh pergerakan bumi atau gaya lain dari luar angkasa.

Baca juga: Manfaat Gaya Gravitasi

Benda jatuh ke bawah

Akibat gaya gravitasi pada benda yang ada di bumi selanjutnya adalah mengakibatkan benda jatuh ke bawah.

Gravitasi bumi terbentuk dari massa bumi dan menarik segala sesuatu ke pusat bumi. Hal ini mengakibatkan semua benda yang ada di bumi akan jatuh ke bawah atau ke arah pusat bumi sebagai pusat gravitasi.

Menahan atmosfer

Gaya gravitasi sangat penting bagi bumi karena perannya yang menahan atmosfer bumi.

Dilansir dari NASA Space Place, gravitasi menahan atmosfer kita dan udara yang kita butuhkan untuk bernapas.

Tanpa adanya gaya gravitasi, atmosfer dan udara akan hilang ke luas angkasa. Hal ini jelas akan membuat bumi tidak terlindungi atmosfer dan juga tidak memiliki pasokan oksigen untuk mahkluk hidup bernapas.

Baca juga: 7 Manfaat Atmosfer bagi Kehidupan

Benda memiliki berat

Akibat gaya gravitasi bumi pada benda yang ada di bumi selanjutnya adalah membuat benda memiliki berat di bumi.

Gravitasi bekerja menarik benda yang memiliki massa dan membentuk satuan berat. Makin besar gaya gravitasinya, maka makin berat juga suatu benda.

Satelit tetap mengorbit

Gaya gravitasi juga berakibat satelit dapat mengorbit bumi tanpa hilang ke luar angkasa.

Baik yang merupakan satelit alami seperti bulan, maupun satelit buatan seperti satelit komunikasi, satelit navigasi, satelit cuaca, ataupun satelit penelitian.

Baca juga: Manfaat Bulan Sebagai Satelit Bumi

Air mengalir ke bawah

Air melayang tanpa adanya gaya gravitasi atau pada gravitasi rendah. nasa.gov Air melayang tanpa adanya gaya gravitasi atau pada gravitasi rendah.

Akibat gaya gravitasi bumi pada benda yang ada di bumi adalah air yang mengalir ke bawah. Air selalu mengalir ke bawah karena gaya gravitasi yang menarik molekul air ke pusat bumi.

Sehingga, air hujan akan selalu jatuh ke permukaan bumi, air sungai selalu mengalir ke laut, dan genangan air yang terbentuk di dataran rendah atau cekungan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com