Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fungsi Manajemen Menurut S. P. Siagian

Kompas.com - 14/10/2023, 11:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Terdapat beberapa ahli yang mengutarakan pendapat mereka terkait manajemen. Salah satunya adalah S. P. Siagian.

Menurut S.P. Siagian, manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan menggunakan kegiatan orang lain.

Baca juga: Pengertian Manajemen Menurut Ahli

Planning, organizing, motivating, contolling, evaluating merupakan fungsi manajemen menurut S. P. Siagian.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai lima fungsi manajemen menurut S. P. Siagian:

  • Planning (perencanaan)

Planning adalah keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang mengenai hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Planning atau perencanaan adalah hal yang utama dalam serangkaian fungsi manajemen.

Perencanaan manajemen akan memberikan cara pandang secara menyeluruh terhadap semua pekerjaan yang akan dilaksanakan

  • Organizing (pengorganisasian)

Organizing adalah keseluruhan proses pengelompokkan orang-orang, alat-alat, tugas-tugas, wewenang, dan tanggung jawab sedemikian rupa, sehingga menciptakan suatu organisasi yang dapat digerakkan dalam satu kesatuan yang utuh dan bulat.

Organizing atau pengorganisasian merupakan fungsi manajemen kedua yang penting dilaksanakan oleh setiap unit kerja, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dengan berdaya guna dan berhasil guna.

Dengan fungsi pengorganisasian, seluruh sumber daya yang dimiliki organisasi, baik manusia ataupun yang bukan manusia, dapat dipadukan dan diatur supaya dapat digunakan secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Untuk dapat melaksanakan fungsi organizing dengan baik, manajer perlu memahami berbagai prinsip pengorganisasian.

Baca juga: Pengertian Teori Manajemen, Jenis, dan Implementasi

  • Motivating (penggerakkan)

Motivating adalah keseluruhan usaha, teknik, metode, dan cara untuk mendorong para anggota suatu organisasi supaya mau dan ikhlas untuk bekerja dengan sebaik mungkin demi terciptanya tujuan organisasi yang efektif, efisien, dan ekonomis.

Fungsi motivating ini meliputi proses pemberian dorongan bekerja kepada para bawahan dengan sedemikian rupa.

  • Controlling (pengawasan)

Controlling adalah proses pengamatan seluruh kegiatan organisasi untuk menjamin bahwa semua pekerjaan yang sedang dilakukan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.

  • Evaluating (penilaian)

Evaluating dapat diartikan sebagai proses pengukuran dan pembandingan antara hasil-hasil pekerjaan yang telah dicapai dengan hasil-hasil yang seharusnya dicapai.

Baca juga: Bidang-bidang dalam Manajemen

 

Referensi:

  • Mobalen, Oktovina. (2022). Monograf Hubungan Fungsi Rawat Inap dengan Kualitas Dokumentasu Asuhan Keperawatan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
  • Budiharjo. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Samudra Biru.
  • Maftuhah. (2019). Manajemen Dana Desa di Desa Talaga Luhur Kecamatan Waringinkurung Tahun Anggaran 2017 (Skripsi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
  • Mubarok, R. (2019). Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Rabwah, 13(01), 27-44.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com