Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Manajemen Operasi Menurut Ahli 

Kompas.com - 11/08/2023, 12:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Manajemen operasi merupakan serangkaian aktivitas yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan hasa dengan mengubah input menjadi output. 

Beberapa pengertian manajemen operasi menurut ahli, sebagai berikut: 

  • Menurut Fogarty 

Dilansir dari buku Manajemen Operasi (2009) karya Hery Prasetya dan Fitri Lukiastuti, Fogarty menyampaikan manajemen operasi adalah suatu proses yang secara berkesinambungan (kontinu) dan efektif menggunakan fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai tujuan. 

  • Menurut Heizer dan Render

Dalam bukunya Manajemen Operasi (2015), manajemen operasi adalah aktivitas yang berhubungan dengan penciptaan barang dan jasa melalui proses transformasi dari input (masukan) ke output (hasil).

  • Menurut Jacobs dan Chase

Manajemen operasi adalah desain, operasi, dan peningkatan sistem yang digunakan untuk menciptakan dan memperdagangkan produk dan jasa utama perusahaan.

Baca juga: Mengenal Struktur dan Fungsi Manajemen Keredaksian

  • Menurut Griffin

Griffin dalam bukunya Perilaku Organisasi Manajemen (2013), menyampaikan manajemen operasi adalah serangkaian kegiatan manajerial yang digunakan oleh sebuah organisasi untuk mengubah input sumber daya menjadi produk dan jasa.

  • Menurut Stevenson

Manajemen operasional adalah sebuah sistem manajemen atau serangkaian proses dalam suatu pembuatan produk atau penyediaan jasa.

  • Menurut Richard L Daft

Disadur dari bukunya Undestanding Management (2016), pengertian manajemen operasional adalah suatu bidang manajemen yang mengkhususkan pada suatu produksi barang, serta menggunakan sebuah alat dan teknik khusus untuk memecahkan masalah produksi 

  • Menurut Herjanto

Manajemen operasi yaitu mengandung unsur adanya kegiatan yang dilakukan dengan mengkoordinasikan berbagai kegiatan dan sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

  • Menurut Rusdiana

Berdasarkan bukunya yang berjudul Kewirausahaan Teori dan Praktek (2014), manajemen Operasi merupakan satu dari tiga fungsi utama setiap organisasi yang sangat erat hubunganya dengan fungsi bisnis lainya. 

Hal Itu dikarenakan semua organisasi menjual, menghitung, dan memproduksi untuk mengetahui cara segmentasi manajemen operasional pada fungsi-fungsi organisasi.

Baca juga: Pengertian Pengendalian Manajemen Menurut Ahli

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com