Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Pembangunan Manusia: Pengertian, Manfaat, dan Indikatornya

Kompas.com - 10/10/2023, 02:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manusia merupakan kekayaan bangsa yang sesungguhnya, sehingga tujuan akhir pembangunan harus difokuskan pada manusia sebagai hakikat pembangunan bukan manusia sebagai alat pembangunan.

Kondisi ini tentu akan menciptakan lingkungan yang memungkinkan masyarakat untuk dapat menikmati umur panjang, sehat, dan menjalankan kehidupan yang produktif. Konsep inilah menjadi cikal bakal munculnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Berikut penjelasan mengenai indeks pembangunan manusia beserta manfaat dan indikatornya.

Baca juga: Pemerataan Pembangunan: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Pengertian Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

Konsep Indeks Pembangunan Manusia pertama kali dicetuskan oleh United Nations Development Programme (UNDP) melalui Human Development Report pada tahun 1996, yang kemudian berlanjut setiap tahun.

Indeks pembangunan manusia (IPM) adalah sebuah indikator yang menunjukkan pengembangan terutama dalam pembangunan sumber daya manusianya.

Fokus utama dari pembangunan manusia adalah terkait manusia dan kesejahterannya, maka dari itu pembangunan manusia berarti pertumbuhan yang positif dan perubahan dalam tingkat kesejahteraan manusia.

Tujuan utama adanya indeks pembangunan manusia adalah menciptakan lingkungan yang memungkinkan bagi rakyatnya untuk menikmati umur panjang, sehat, dan menjalankan kehidupan yang produktif.

Menurut UNDP, Indonesia tergolong sebagai negara dengan pembangunan manusia tingkat sedang (medium human development).

Baca juga: Indeks Pembangunan Manusia: Konsep dan Dimensinya

Manfaat indeks pembangunan manusia

Sejak pertama kali diperkenalkan, IPM terus menjadi indikator penting dalam mengukur kemajuan pembangunan manusia. IPM terus digunakan digunakan dalam berbagai perencanaan pembangunan.

IPM menjadi salah satu indikator yang penting dalam melihat sisi lain dari pembangunan. Adapun manfaat indeks pembangunan manusia antara lain sebagai berikut:

  • IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk).
  • IPM dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah/negara.
  • Bagi Indonesia, IPM merupakan data strategis karena selain sebagai ukuran kinerja pemerintah.
  • IPM juga dapat digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum (DAU).

Baca juga: Contoh Aktivitas Masyarakat dalam Upaya Pembangunan Sosial Budaya

Indikator dalam indeks pembangunan manusia

Indikator yang menunjukan pengembangan, terutama dalam pembangunan sumber daya manusianya adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Secara umum, indikator-indikator pembangunan manusia mencakup seluruh masalah pembangunan manusia secara konseptual atau empiris yang saling dipengaruhi atau memengaruhi komponen lain.

Adapun, indikator yang digunakan dalam indeks pembangunan manusia antara lain:

Bidang kesehatan

Indikator dalam bidang kesehatan diukur melalui usia hidup (longetivity), ada banyak indikator yang digunakan untuk mengukur usia hidup.

Berdasarkan dengan pertimbangan ketersediaan data secara global, maka indikator yang digunakan ialah angka harapan hidup waktu lahir (life expantancy at birth).

Bidang pendidikan 

Dalam bidang pendidikan, pengetahuan (knowledge) dianggap sebagai unsur mendasar dari pembangunan manusia. Pengetahuan sebagai indikator diukur berdasarkan angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah.

Bidang ekonomi

Indikator yang digunakan dalam bidang ekonomi yakni standar hidup layak (decent living). Berdasarkan ketersediaan data secara internasional, UNDP memutuskan standar hidup layak diukur melalui Gross Domestic Product (GDP) per kapita riil yang telah disesuakan (adjusted real GDP per capita).

Baca juga: Mengenal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

 

Referensi:

  • M. Faqihudin. 2012. Human Developmen Index (HDI) Salah satu Indikator yang Populer Untuk Mengukur Kinerja Pembangunan Manusia.  Jurnal UPS Tegal, No. 47, 1-16.
  • Tim Penyusun. 2020. Publikasi Indeks Pembangunan Manusia 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com