Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perencanaan Produksi: Pengertian dan Tujuan

Kompas.com - 05/10/2023, 04:30 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perencanaan produksi merupakan perencanaan mengenai apa dan berapa produk yang akan diproduksi oleh suatu perusahaan dalam satu periode mendatang.

Hal yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun perencanaan produksi adalah adanya optimasi produksi sehingga dapat mencapai tingkat biaya paling rendah untuk pelaksanaan proses produksi tersebut.

Perencanaan produksi menghasilkan sebuah rencana produksi yang merupakan faktor penting bagi keberlangsungan suatu usaha. Tanpa adanya rencana produksi yang baik, maka tujuan suatu perusahaan tidak dapat tercapai dengan efektif dan efisien.

Tanpa adanya rencana produksi, faktor-faktor produksi juga akan dipergunakan dengan boros.

Pengertian perencanaan produksi

Perencanaan produksi berkaitan dengan serangkaian aktivitas untuk merancang strategi produksi barang atau jasa.

Perencanaan produksi adalah aktivitas mengevaluasi fakta di masa lalu dan sekarang, serta mengantisipasi adanya perubahan dan kecenderungan di masa depan guna menentukan strategi dan jadwal produksi yang tepat supaya permintaan terpenuhi dengan efektif dan efisien.

Aktivitas perencanaan produksi meliputi menentukan jenis produk yang akan diproduksi, jumlah produk, kapan produk harus selesai dibuat, dan sumber/material yang diperlukan dalam pembuatannya.

Baca juga: Biaya Produksi: Definisi dan Tujuannya

Lingkup perencanaan produksi adalah perumusan keputusan dalam menjawab pertanyaan mengapa (why), apa (what), siapa (who), kapan (when), di mana (where), dan bagaimana (how).

Berikut penjelasannya: 

  • Pertanyaan mengapa (why)

Pertanyaan “mengapa” akan mendatangkan penjelasan tentang latar belakang serta tujuan dari perencanaan produksi, seperti:

    • Supaya menghasilkan produk yang mempunyai nilai tambah.
    • Untuk memenuhi permintaan dan meningkatkan keuntungan.
  • Pertanyaan apa (what)

Pertanyaan “apa” akan mendatangkan penjelasan tentang produk yang hendak dibuat dan dipesan pada periode mendatang.

Hal ini termasuk rancangan, kuantitas produk, dan spesifikasi kualitas.

  • Pertanyaan siapa (who)

Pertanyaan “siapa” akan mendatangkan penjelasan tentang tenaga kerja, peralatan, mesin, dan alat bantu yang diperlukan dalam membuat produk.

Termasuk di dalamnya spesifikasi teknis dan kemampuannya (general/special purpose equipment, common/skilled labor, low-end/high-end technology).

  • Pertanyaan kapan (when)

Pertanyaan “kapan” akan mendatangkan penjelasan tentang saat dimulai dan selesainya produksi yang dijadwalkan supaya tepat waktu dengan kualitas baik dan biaya yang layak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com