Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rumah Adat Padang beserta Keunikannya

Kompas.com - 17/09/2023, 11:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rumah tradisional di Indonesia sangat beragam, di mana setiap daerah memiki berbagai macam bentuk dan ciri khas rumah tradisional masing-masing, salah satunya di Padang.

Mungkin kalian bertanya-tanya, Padang berada di provinsi mana?

Nah, Padang ini merupakan salah satu kota di provinsi Sumatera Barat yang letaknya berada di pertemuan dua lempeng raksasa dunia sehingga bangunan yang akan didirikan, akan diuji oleh gempa bumi, badai, dan angin topan serta cuaca panas.

Oleh sebab itu, masyarakat terdahulu tentu memerlukan rumah yang kokoh yang dapat bertahan dari segala guncangan tersebut. Maka, munculah rencangan bangunan Rumah Gadang.

Bagi masyarakat Padang rumah bukan sekedar sebagai tempat tinggal, tetapi rumah juga memiliki nilai adat yang dijunjung dan memiliki keunikannya tersendiri.

Untuk mengenal lebih dekat mengenai rumah adat padang, berikut penjelasannya.

Baca juga: Daftar Nama Rumah Adat di Indonesia

Rumah Gonjong Ampek Baanjuang

Rumah adat padang gonjong ampek wajib didirikan di daerah Luhak Nan Tigo, sebab merupakan sebuah tanda adat bagi masyarakat setempat.

Ampek dalam Bahasa Indonesia berarti empat, di mana berdasarkan namanya maka rumah jenis ini memiliki 4 buah gonjong di bagian atapnya. 

Selain itu rumah ini memiliki lebih dari tujuh ruangan, dengan ciri khasnya yaitu anjuang di sisi kanan dan kiri.

Rumah Gonjong Anam

Rumah ini terlihat unik dengan ukiran khas suku Minangkabau di sisi rumah, dengan tambahan anjuang di sisinya serta memiliki jendela yang jumlahnya lebih banyak.

Dengan banyaknya jendela tersebut, cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah pun lebih banyak juga. Bangunan rumah ini tampak lebih modern, sebab Salangkonya bukan terbuat dari anyaman, melainkan dari papan.

Baca juga: Mengenal Rumah Adat di Pulau Sumatera

Rumah Gonjong Sibak Baju

Dalam bahasa Minangkabau ‘sibak baju’ berarti belahan baju. Berdasarkan istilah tersebut, sesuai dengan namanya, jenis rumah ini menyerupai belahan baju tradisional Sumatera Barat.

Rumah Gonjong Sibak Baju terdiri atas lima ruangan, dan terdapat dua gonjong yang dibangun di tengah rumah.

Rumah Gadang Gajah Maharam

Sebagaimana namanya, kata ‘Gajah’ di sini melambangkan bahwa rumah gadang jenis ini memiliki bentuk yang besar dan sangat luas.

Bagian ujung kanan dan kirinya mempunyai ruangan yang seolah-olah seperti sambungan dari bangunan utama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com