Kompas.com - 29/07/2022, 16:00 WIB

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Riau 

 

KOMPAS.com - Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman, baik budaya, suku, ras, dan agama, termasuk rumah adat.

Rumah adat adalah rumah yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi ke generasi dan tanpa atau sedikit sekali mengalami perubahan.

Berbagai rumah adat tersebut tentunya memiliki keunikan, fungsi, dan ciri khasnya masing-masing. Pulau Sumatera memiliki beragam rumah adat, mulai dari Rumoh Aceh, Rumah Balon, Rumah Gadang, Rumah Selaso Jatuh Kembar, Rumah Kajang Lako, Rumah Limas, Rumah Bubungan Lima, dan Rumah Nuwo Sesat. 

Berikut penjelasan nama-nama rumah adat dari provinsi di Pulau Sumatera, yaitu: 

Baca juga: 10 Provinsi di Pulau Sumatera

Rumoh Aceh

Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) adalah provinsi yang terletak di paling barat Indonesia. Rumah adat Provinsi Aceh adalah Rumoh Aceh.

Rumoh Aceh merupakan rumah panggung yang memiliki tiga bagian. Biasanya tinggi rumah dari permukaan tanah dibangun dengan jarak sekitar 2 sampai 3 meter.

Ciri khas utama dari Rumoh Aceh ada pada pintu yang tingginya sekitar 120-150 cm saja, sehingga kita harus menunduk saat melewatinya.

Rumah Bolon

Kampung Siallagan di Pulau Samosir, Sumatera Utara.BARRY KUSUMA Kampung Siallagan di Pulau Samosir, Sumatera Utara.

Rumah Bolon adalah rumah adat dari Provinsi Sumatera Utara. Ada beberapa jenis rumah Bolon dalam masyarakat Batak, yaitu Rumah Bolon Toba, Rumah Bolon Simalungun, Rumah Bolon Karo, Rumah Bolon Mandailing, Rumah Bolon Pakpak, Rumah Bolon Angkola. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.