Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Kompas.com - 17/09/2023, 10:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Supaya dapat maksimal dalam menentukan apa yang harus dilakukan dalam suatu kejadian atau untuk mencapai suatu tujuan, maka kita harus menyiapkan strategi.

Umumnya, strategi adalah cara untuk mencapai suatu tujuan. Cara penting yang dirancang seseorang agar tujuannya tercapai dengan baik.

Strategi bersifat inkremental dan terus-menerus, dilakukan berdasarkan sudut pandang akan tujuan yang diinginkan.

Pengertian strategi

Terdapat berbagai pandangan ahli terkait definisi strategi, yaitu sebagai berikut:

  • Menurut Marrus

Strategi berasal dari bahasa Yunani, strategeia, yang berarti kepemimpinan dalam ketentaraan.

Marrus mengartikan strategi adalah suatu proses penentuan rencana oleh para pemimpin puncak yang berfokus di tujuan jangka panjang organisasi, disertai dengan penyusunan cara atau upaya agar tujuan tersebut terlaksana.

Baca juga: Manajemen Strategi: Pengertian, Tujuan, dan Tahapannya

  • Menurut Chandler

Chandler mengatakan strategi merupakan alat dari perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan yang dikehendaki, untuk keperluan jangka panjang, dan untuk pemrioritasan alokasi sumber daya.

  • Mneurut Quinn

Quinn menyampaikan, strategi adalah suatu bentuk rencana yang mengintegrasikan sebuah tujuan ataupun kebijakan ke dalam satu kesatuan yang utuh.

  • Mneurut Porter

Porter mendefinisikan strategi sebagai alat penting yang sangat berguna untuk memperoleh suatu keunggulan dibandingkan dengan yang lainnya.

Tujuan strategi

Strategi dibuat berdasarkan tujuan tertentu. Strategi mampu menjadi jembatan yang memberi kemudahan dalam berjalannya suatu rencana.

Berikut beberapa tujuan dari strategi:

  • Menjaga kepentingan

Dengan adanya strategi, maka kepentingan maupun tujuan utama dapat tetap terjaga karena wacana yang ada di dalam strategi merupakan aturan atau langkah-langkah guna mencapai tujuan sasaran.

  • Memberikan gambaran tujuan

Strategi dapat menjadi gambaran apa yang harus dilakukan demi mencapai titik puncak sesuai rencana. Gambaran tersebut merupakan titik terang yang mengarahkan setiap langkah tindakan supaya tujuan semakin terlihat nyata.

  • Sebagai sarana evaluasi

Strategi dapat menjadi salah satu sarana untuk berintrospeksi diri yang akan berguna dalam memberi tuntutan kepada diri sendiri untuk mencapai hasil yang lebih baik, menggapai tujuan, dan meminimalisir kemungkinan adanya kegagalan.

  • Memperbarui strategi sebelumnya

Dalam menjalankan suatu strategi terkadang muncul kemungkinan kegagalan atau kalah saing sehingga perlu dibuatnya strategi yang lebih fresh atau update untuk menggantikan strategi sebelumnya.

Baca juga: Tujuan Strategi Pemasaran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com