Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Sekret pada Bunga Venus dan Kantong Semar

Kompas.com - 27/08/2023, 17:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Tanaman Venus dan kantong semar menghasilkan sekret atau senyawa khusus yang disekresikan oleh kelenjar. Apa fungsi sekret pada bunga venus dan kantong semar?

Fungsi sekret pada bunga venus dan kantong semar adalah untuk mencerna makanannya. Berikut adalah penjelasannya!

Mencerna mangsanya

Tanaman venus dan kantong semar adalah tanaman karnivora.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, keduanya adalah tanaman karnivora yang mencerna mangsanya melalui proses penguraian kimiawi yang serupa dengan pencernaan pada hewan.

Baca juga: Apa itu Tumbuhan Epifit, Tumbuhan Parasit, dan Tumbuhan Karnivora?

Tanaman venus dan kantong semar dapat mencerna makanan karena memiliki kelenjar pencernaan yang mengeluarkan sekret berupa cairan pencernaan.

Dilansir dari Scientific American, tumbuhan venus memiliki kelenjar pencernaan yang melapisi tepi bagian dalam yang mengeluarkan cairan.

Cairan sekret tersebut berfungsi melarutkan bagian lunak mangsanya, membunuh bakteri dan jamur, juga memecah serangga dengan enzim untuk mengekstrak nutrisi penting.

Adapun menurut Schulze W., dkk dalam Transporters for Ammonium, Amino Acids, and peptides are Expressed in Pitchers of the Carnivorous Plant Nepenthes (1999), tumbuhan kantong semar memiliki kelenjar pencernaan yang mengeluarkan sekret.

Sekret tersebut terlibat dalam persepsi bahan kimia rangsangan, sekresi, dan juga merupakan enzim pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Baca juga: Jenis-Jenis Enzim Pencernaan

Kelenjar pencernaan tanaman venus dan kantong semar mengeluarkan cairan yang berisi berbagai protein, asam, dan juga enzim pencernaan.

Enzim pencernaan tersebut berfungsi mencerna mangsa (biasanya berupa serangga) yang terjebak dalam kedua tumbuhan tersebut.

Proses pencernaan tersebut akan menghasilkan nutrisi yang diperlukan tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang.

Baca juga: Mengapa Tumbuhan Kantong Semar dan Venus Memakan Serangga?

Membunuh patogen

Selain untuk mencerna makanan, fungsi sekret pada bunga venus dan kantong semar adalah membunuh patogen.

Sekret atau cairan pencernaan memiliki suasana asam yang bersifat korosif, sehingga dapat membunuh patogen seperti bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit pada bunga venus dan kantong semar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com