Kompas.com - 02/07/2021, 10:47 WIB
Ilustrasi jenis-jenis enzim pencernaan KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi jenis-jenis enzim pencernaan

KOMPAS.com – Tubuh manusia memerlukan karbohidrat, protein, dan juga lemak untuk dapat berfungsi dengan baik juga bertahan hidup. Ketiga makromolekul tersebut didapat dari mengonsumsi berbagai makanan dan minuman.

Namun agar makanan dan minuman dapat bermanfaat bagi tubuh, keduanya harus dipecah menjadi molekul lebih sederhana yang dapat diserap oleh tubuh. Hal tersebut disebut dengan pencernaan. Pencernaan manusia dibantu oleh berbagai jenis enzim pencernaan.

Enzim pencernaan adalah jenis protein yang dapat mempercepat laju reaksi kimia dalam pencernaan makanan. Enzim pencernaan terdiri dari amilasi, protease, lipase, maltase, laktase, dan sukrase. Berikut penjelasannya:

  • Amilase

Amilase adalah enzim yang dihasilkan oleh kelenjar ludah yang dapat mengubah zat tepung menjadi zat gula.

Amilase merupakan enzim pencernaan yang bertugas memecah pati atau karbohidrat menjadi gula. Amilasi diproduksi di kelenjar ludah, usus halus, dan pankreas. Amilasi yang diproduksi pada kelenjar ludah disebut dengan ptyalin.

Dilansir dari Healthline, ptyalin akan aktif saat makanan masuk ke dalam mulut, mulai bekerja memecah pati dalam mulut, dan tetap aktif bahkan setelah makanan ditelan. Amilase memecah karbohidrat menjadi gula maltosa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Salah Satu Organ Sistem Pencernaan Tidak Berfungsi?

  • Maltase

Maltase merupakan enzim pencernaan yang bertugas memecah maltase menjadi gula sederhana berupa dua molekul glukosa individu yang dapat dicerna tubuh. Maltase diproduksi oleh usus halus. Kelebihan glukosa hasil pemecahan oleh maltase dapat disimpan sebagai glikogen dalam hati.

  • Sukrase

Sukrase merupakan enzim pencernaan yang bertugas memecah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Sukrase diproduksi oleh usus kecil dan dapat ditemukan di sepanjang vili usus.

  • Laktase

Dilansir dari Sciencing, laktosamerupakan enzim pencernaan yang bertugas memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Laktosa merupakan gula yang terkandung pada susu dan produk olahannya. Laktase disekresikan oleh sel enterosit yang melapisi saluran usus.

  • Lipase

Lipase adalah enzim pencernaan yang bertugas memecah lemak atau trigliserida menjadi asam lemak dan gliserol yang bisa diserap tubuh. Kelebihan dari pemecahan lemak akan disimpan dalam tubuh sebagai cadangan energi. Lipase disekresikan oleh pankreas dan usus kecil.

  • Protease

Protease adalah enzim pencernaan yang bertugas memecah protein menjadi asam amino. Protease diproduksi oleh pankreas, lambung, dan juga usus halus.

Dilansir dari Verywell Health, protease utama yang diproduksi di lambung dan pankreas adalah pepsin, tripsin, kimotripsin, karboksipeptidase A dan B.

Baca juga: Fungsi Umum Sistem Pencernaan Manusia

Pepsin disekresikan oleh lambung dan bertugas memecah protein menjadi peptida. Tripsin disekresikan oleh pankreas dan bertugas memecah peptida dan mengaktifkan enzim lainnya.

Kimotripsin bertugas memecah peptida menjadi asam amino bebas. Karboksipeptidase A bertugas memevah peptida menjadi asam amino indivdu. Adapun karboksidase B bertugas memecah asam amino basa.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.