Mengapa Tumbuhan Kantong Semar dan Venus Memakan Serangga?

Kompas.com - 19/08/2020, 06:30 WIB
Tangkapan layar Youtube/GenioraTangkapan layar

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Rabu, 19 Agustus 2020 membahas Adaptasi Makhluk Hidup untuk siswa SD kelas 4-6.

Dalam tayangan tersebut, terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal kedua dan jawabannya:

Soal: Mengapa tumbuhan kantong semar dan venus memakan serangga? Jelaskan!

Jawaban:

Tumbuhan kantong semar dan venus tumbuh di rawa-rawa dengan kandungan nitrogen yang sedikit, sehingga tidak memenuhi kebutuhan tumbuhan.

Untuk memenuhi kebutuhuan nitrogen, Kantung Semar bergantung pada serangga sebagai pelengkap pada nustrisinya. Daun Kantung Semar seperti piala, lalu dinding dalam piala mengeluarkan nektar atau cairan manis untuk memikat serangga.

Serangga yang terpikat kemudian hinggap di dinding piala, lalu jatuh dalam cairan di dalam daun yang melarutkan serangga. Kemudian daun akan menyerap nitrogen dari serangga yang terjebak itu.

Daun venus bersel satu dan berbulu. Daunnya terbuka selama menunggu serangga datang. Saat serangga menyentuh bulu-bulu peka pada daun, maka kedua daun akan menutup dengan cepat. Lalu daun akan mencerna serangga dan menyerap nitrogennya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X