Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Tanaman Serealia dengan Leguminosa

Kompas.com - 02/05/2023, 11:00 WIB
Revlina Octavia Artrisdyanti,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanaman merupakan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan saat musim panen tiba. Tanaman sengaja ditanam atau dibudidayakan untuk kehidupan masyarakat.

Sebelum mengetahui hubungan tanaman Serealia dan tanaman Leguminosa, berikut penjelasan singkat beserta contohnya:

Tanaman Serealia

Ilustrasi padi hidroponik, menanam padi dengan sistem hidroponik. SHUTTERSTOCK/ATIEK ARIEF Ilustrasi padi hidroponik, menanam padi dengan sistem hidroponik.

Adalah jenis tanaman penghasil biji-bijian. Tanaman ini dihasilkan dari tanaman famili Poaceae.

Apa yang dimaksud dengan tanaman Serealia? Tanaman Serealia merupakan tanaman pangan dengan kandungan nutrisi, seperti vitamin, mineral, lemak, dan protein.

Benih tanaman serealia hanya memiliki kandungan air kurang dari 15 persen. Contoh tanaman Serealia, yaitu padi, jagung, biji gandum, sorgum, dan sebagainya.

Baca juga: Mengenal Tanaman Serealia dan Manfaatnya

Tanaman Leguminosa

Petani Buncis Kenya di Desa Panjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tembus pasar Singapura dengan cara mandiri, mulai dari membentuk pasar, membangun jaringan, hingga proses packing dan pendistribusianKOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Petani Buncis Kenya di Desa Panjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tembus pasar Singapura dengan cara mandiri, mulai dari membentuk pasar, membangun jaringan, hingga proses packing dan pendistribusian

Biasa juga disebut legume. Merupakan tanaman penghasil biji berbentuk polong.

Salah satu manfaat tanaman ini adalah menambah nitrogen dari udara ke dalam bintil dengan bantuan bakteri Rhizobium, juga bermanfaat bagi tanaman disekitarnya.

Leguminosae merupakan kelompok tumbuhan darat terbesar ketiga setelah Orchidaceae dan Asteraceae.

Contoh tanaman leguminosa diantaranya yaitu kacang polong, kacang tanah, buncis, kacang merah, dan banyak lainnya.

Hubungan tanaman Serealia dan Leguminosa

Hubungan tanaman Serealia dan Leguminosa yaitu saling menguntungkan atau memiliki simbiosis mutualisme.

Nitrogen yang dimiliki tanaman Leguminosa dapat meningkatkan produksi tanaman Serealia di penanaman berikutnya.

Baca juga: 13 Jenis Tanaman Rempah-rempah dan Pengertiannya

Tanaman ini berbatang kokoh yang dapat digunakan sebagai rambatan oleh tanaman Leguminosa. Tanaman yang tumbuh ini bisa dipakai untuk pakan ternak.

Tanaman Serealia dan Leguminosa merupakan kombinasi penanaman terbaik, karena kompetisi antartanaman untuk memperoleh sinar matahari dan unsur hara relatif kecil.

 

Referensi:

Nulik, Jacob, dkk. 2013. Mengintegrasikan Legum Herba ke Dalam System Tanaman dan Ternak di Indonesia Bagian Timur. Canberra: ACIAR Monograph.

Neo, Fransiskus Xaverius, Syprianus Ceunfin. 2018. Pengaruh Model Tumpangsari dan Pengaturan Jarak Tanam Kacang Nasi (Vigna angularis L.) Kultivar Lokal terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung (Zea mays L.). Jurnal Pertanian Konservasi Lahan Kering.

Raharjo, Sugara. 2021. Buku Pintar Penanggulangan OPT. Yogyakarta: DIVA Press.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com