Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Jenis Tanaman Rempah-rempah dan Pengertiannya

Kompas.com - 27/04/2023, 21:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Sejak zaman dahulu, rempah-rempah selalu dicari orang, bahkan bangsa Portugis pertama kali datang ke Indonesia juga mencari rempah-rempah. Hal itu karena rempah-rempah sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.

Pengertian tanaman rempah-rempah

Tanaman rempah-rempah adalah berbagai jenis hasil tanaman yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan sebagai pengawet atau perasa dalam makanan, misalnya pala, cengkeh, lada, cabai, lengkuas, dan lain-lain.

Rempah-rempah biasanya dibedakan dengan tanaman lain yang digunakan untuk tujuan yang sama, seperti tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering.

Baca juga: Rempah-rempah: Pengertian dan Jenisnya

Jenis tanaman rempah-rempah

Berikut 13 jenis tanaman rempah-rempah yang menjadi komoditas Indonesia, yaitu:

  • Cabai

Tanaman cabai adalah termasuk suku terung-terungan. Tanaman cabai berbentuk perdu,dan tergolong tanaman semusim.

Tanaman cabai dapat hidup di tanah berpasir, tanah liat, atau tanah liat berpasir. Pupuk kandang dan pupuk kompos merupakan bahan organik yang disukai oleh tanaman cabai. 

Tanaman cabai juga membutuhkan sinar matahari yang cukup, karena selain digunakan untuk fotosintesis juga berfungsi untuk membantu dalam menekan hama.

Kandungan zat gizi pada cabai antara lain kalori, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

  • Lengkuas

Tanaman lengkuas sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia, terutama oleh para ibu-ibu rumah tangga ketika memasak makanan atau sayur.

Lengkuas banyak ditanam di kebun atau di pekarangan rumah. Lengkuas selain bermanfaat untuk penyedap makanan. Juga untuk mengobati penyakit kurap dan panu.

Lengkuas merupakan tanaman berumbi, berserat kasar dan agak keras. Lengkuas dikenal sebagai tanaman rempah-rempah yang mudah sekali cara penanamannya, yaitu dengan cara menanam akar tongkatnya pada tanah yang subur.

  • Cengkeh

Cengkeh adalah tanaman rempah yang dapat hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi. Cengkeh sebenarnya adalah bunga atau bakal buah cengkeh yang dipetik sebelum bunganya mekar.

Tanaman cengkeh merupakan tanaman produksi yang pohonnya tinggi, daunnya rimbun, serta bunga atau buahnya harum dan pedas. 

Daun cengkeh bermanfaat bagi tubuh, daun cengkeh biasanya diolah untuk dijadikan minyak cengkeh.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com