Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Kelebihan Program WinRar

Kompas.com - 27/04/2023, 13:00 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, alat atau software yang digunakan untuk melakukan kompres data atau file dengan mudah adalah WinRar dan WinZip.

Pada dasarnya, baik WinRar dan WinZip memiliki karakteristik yang sama dan dengan berbagai keunggulan dan kelebihannya masing-masing.

Dilansir dari buku Rahasia Menghemat Ruang Hard Disk (2010) oleh Jubilee Enterprise, namun pembahasan mengenai tool untuk kompresi berbagai file yang telah lama dan jarang digunakan hanya akan membahas mengenai software WinRar saja.

Berikut penjelasan mengenai pengertian dan kelebihan WinRar:

Baca juga: Apa itu Software?

Pengertian WinRar

WinRar adalah sebuah software yang dapat digunakan untuk mengompres berbagai file dan data dengan sangat mudah, cepat, dan aman.

Tingkat keamanan yang diberikan oleh WinRar ini akan sangat terasa sekali kalau Anda ingin menyimpan file-file yang memiliki sifat sangat rahasia.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Hardware, Software, dan Brainware

Kelebihan WinRar

Berikut ini kelebihan program WinRar sehingga dapat memberikan kenyamanan dalam beraktivitas menggunakan komputer:

  1. Terdapat pilihan untuk menghapus file asli atau tidak setela selesai membuat file archive.
  2. File yang berada di dalam ekstensi .rar memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi khususnya dari serangan virus. Virus tidak akan bisa menulari berbagai file dan data yang telah tersimpan di dalam archive.
  3. Apabila file yang ingin Anda simpan adalah file yang bersifat rahasia, maka Anda dapat melindunginya dengan mudah, yaitu menggunakan password. Dengan menggunakan password tentu berbagai data dan file milik Anda akan terlindungi secara maksimal dari gangguan berbagai pihak lainnya.
  4. File archive yang dihasilkan memiliki tingkat perbandingan yang sangat kecil dibandingkan dengan ukuran file aslinya. Nah inilah alasan mengapa WinRar lebih unggul. Yaitu karena kehebatannya dalam mengompres file hingga ukuran filenya menjadi kecil tanpa merusak kualitas data dan file.
  5. Keunggulan WinRar lainnya yakni file hasil kompresi tadi dapat dengan mudah dikembalikan ke dalam bentuk aslinya tanpa mengurangi kualitas data dan file tersebut.

Baca juga: Macam-macam Software Desain Grafis

Cara kompresi file menggunakan WinRar

Dikutip dari buku Teknik Multimedia dan Animasi (2021) oleh Asrul Huda dan Noper Ardi, berikut tata cara mengompresi file menggunakan WinRar:

  1. Pilih file atau blok data yang akan dijadikan file rar
  2. Klik kanan pada file
  3. Pilih Add to Archive
  4. Pilih format RAR
  5. Pada Compression method, pilih “Best”
  6. Pada Dictionary size, Pilih nilai paling besar (misal 1024 MB)
  7. Pada Archiving options, pilih Create solid archive
  8. Klik OK
  9. Tunggu hingga proses kompres selesai

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com