Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-macam Software Desain Grafis

Kompas.com - 19/10/2020, 10:00 WIB
Ashya Ravika Mahar Rhani ,
Arum Sutrisni Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.comSoftware desain grafis (graphics design software) adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain grafis pada komputer. Berikut ini penjelasan singkat tentang macam-macam software desain grafis:

Apa itu software desain grafis?

Mengutip Computer Hope, software desain grafis adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain grafis. Desain grafis adalah representasi visual ide dengan simbol, kata, dan gambar pada komputer.

MelansirTech Radarsoftware desain grafis mengacu pada program atau kumpulan program yang memungkinkan untuk memanipulasi gambar atau model secara visual pada komputer.

Grafik komputer dapat diklasifikasikan menjadi kategori grafik raster dan grafik vektor, dengan varian 2D dan 3D. Ada program grafik yang berfokus pada grafik vektor atau raster saja. Ada yang bisa beroperasi pada keduanya.

Yang perlu diperhatikan, mudah untuk mengubah grafik vektor ke grafik raster, tetapi sulit untuk melakukan sebaliknya.

Saat ini banyak jenis software desain grafis, baik gratis maupun berbayar. Munculnya beragam perangkat lunak desain grafis ini sesuai kebutuhan dan preferensi pengguna yang berbeda.

Baca juga: Pengertian Grafis Bitmap dan Vektor

Jenis software desain grafis

Mengutip Finance Online, terdapat 20 jenis software desain grafis yang bagus digunakan, yaitu:

  1. Adobe Illustrator
  2. Adobe Photoshop
  3. Adobe InDesign
  4. Canva
  5. GIMP
  6. Pixlr
  7. Inkscape
  8. Autodesk SketchBook
  9. Corel PaintShop Pro
  10. Piktochart
  11. Photoshop Elements
  12. Venngage
  13. Gravit Designer
  14. PhotoScape
  15. Autodesk 3ds Max
  16. Onshape
  17. Xara Designer Pro
  18. SVG-edit
  19. Adobe Dreamweaver
  20. Renderforest Logo Maker

Baca juga: Apa itu Gambar Digital?

Penjelasan:

  • Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah perangkat lunak desain grafis berbasis grafik vektor. Berfungsi untuk membuat desain situs web, logo merek, permainan video, dan cetak.

  • Adobe Photoshop

Adobe Photoshop untuk mengedit foto, citra (image), dan desain grafis. Berfungsi untuk mendesain website, poster, ikon, aplikasi ponsel, dan banner. Serta membuat ilustrasi, karya seni 3D, dan lukisan.

  • Adobe InDesign

Adobe InDesign biasanya untuk membuat desain dan layout halaman. Digunakan dalam pembuatan dan publikasi dokumen media cetak dan digital. Untuk merancang poster, brosur, alat tulis, selebaran, laporan, dan majalah. Contoh eBook, PDF, dan majalah digital.

  • Canva

Canva adalah platform yang mempermudah pembuatan desain grafis berkualitas profesional. Terdapat ribuan grafis, gambar, dan huruf. Berfungsi untuk membuat materi pemasaran, brosur perusahaan, flyer, undangan, sampul buku, presentasi dan lainnya.

Baca juga: Perbedaan Gambar Digital dan Gambar Analog

  • GIMP

GIMP adalah perangkat lunak pengedit gambar gratis dan sumber terbuka. Memiliki banyak fitur untuk mengedit gambar dengan mudah dari foto sederhana menjadi karya seni.

  • Pixlr

Pixlr adalah aplikasi pengeditan gambar berbasis web yang dapat dijalankan di browser dan sistem operasi apa pun. Aplikasi ringan dan menghabiskan sedikit memori bahkan di perangkat seluler.

Berfungsi sebagai alat pengeditan foto. Terdapat template format multigambar, lebih dari dua juta filter, overlay, dan efek. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com