Kompas.com - 19/10/2020, 10:00 WIB
Ilustrasi jenis software desain grafis. KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRIIlustrasi jenis software desain grafis.

KOMPAS.comSoftware desain grafis (graphics design software) adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain grafis pada komputer. Berikut ini penjelasan singkat tentang macam-macam software desain grafis:

Apa itu software desain grafis?

Mengutip Computer Hope, software desain grafis adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain grafis. Desain grafis adalah representasi visual ide dengan simbol, kata, dan gambar pada komputer.

MelansirTech Radarsoftware desain grafis mengacu pada program atau kumpulan program yang memungkinkan untuk memanipulasi gambar atau model secara visual pada komputer.

Grafik komputer dapat diklasifikasikan menjadi kategori grafik raster dan grafik vektor, dengan varian 2D dan 3D. Ada program grafik yang berfokus pada grafik vektor atau raster saja. Ada yang bisa beroperasi pada keduanya.

Yang perlu diperhatikan, mudah untuk mengubah grafik vektor ke grafik raster, tetapi sulit untuk melakukan sebaliknya.

Saat ini banyak jenis software desain grafis, baik gratis maupun berbayar. Munculnya beragam perangkat lunak desain grafis ini sesuai kebutuhan dan preferensi pengguna yang berbeda.

Baca juga: Pengertian Grafis Bitmap dan Vektor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis software desain grafis

Mengutip Finance Online, terdapat 20 jenis software desain grafis yang bagus digunakan, yaitu:

  1. Adobe Illustrator
  2. Adobe Photoshop
  3. Adobe InDesign
  4. Canva
  5. GIMP
  6. Pixlr
  7. Inkscape
  8. Autodesk SketchBook
  9. Corel PaintShop Pro
  10. Piktochart
  11. Photoshop Elements
  12. Venngage
  13. Gravit Designer
  14. PhotoScape
  15. Autodesk 3ds Max
  16. Onshape
  17. Xara Designer Pro
  18. SVG-edit
  19. Adobe Dreamweaver
  20. Renderforest Logo Maker

Baca juga: Apa itu Gambar Digital?

Penjelasan:

  • Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah perangkat lunak desain grafis berbasis grafik vektor. Berfungsi untuk membuat desain situs web, logo merek, permainan video, dan cetak.

  • Adobe Photoshop

Adobe Photoshop untuk mengedit foto, citra (image), dan desain grafis. Berfungsi untuk mendesain website, poster, ikon, aplikasi ponsel, dan banner. Serta membuat ilustrasi, karya seni 3D, dan lukisan.

  • Adobe InDesign

Adobe InDesign biasanya untuk membuat desain dan layout halaman. Digunakan dalam pembuatan dan publikasi dokumen media cetak dan digital. Untuk merancang poster, brosur, alat tulis, selebaran, laporan, dan majalah. Contoh eBook, PDF, dan majalah digital.

  • Canva

Canva adalah platform yang mempermudah pembuatan desain grafis berkualitas profesional. Terdapat ribuan grafis, gambar, dan huruf. Berfungsi untuk membuat materi pemasaran, brosur perusahaan, flyer, undangan, sampul buku, presentasi dan lainnya.

Baca juga: Perbedaan Gambar Digital dan Gambar Analog

  • GIMP

GIMP adalah perangkat lunak pengedit gambar gratis dan sumber terbuka. Memiliki banyak fitur untuk mengedit gambar dengan mudah dari foto sederhana menjadi karya seni.

  • Pixlr

Pixlr adalah aplikasi pengeditan gambar berbasis web yang dapat dijalankan di browser dan sistem operasi apa pun. Aplikasi ringan dan menghabiskan sedikit memori bahkan di perangkat seluler.

Berfungsi sebagai alat pengeditan foto. Terdapat template format multigambar, lebih dari dua juta filter, overlay, dan efek. 

  • Inkscape

Inkscape adalah perangkat lunak desain grafis yang kaya fitur dan sumber terbuka serta gratis. Mampu membuat vektor dengan mudah dan memiliki beragam alat pengeditan vektor.

Berfungsi untuk manipulasi aspek grafik, seperti bentuk, jalur, teks, klon, gradien, efek transparansi, dan lainnya. Dapat disimpan dalam format SVG, EPS, JPG, BMP, PNG, PostScript, atau TIP yang dapat diekspor ke format berbasis vektor.

Baca juga: Apa itu Bitmap?

  • Autodesk SketchBook

Perangkat lunak ini adalah aplikasi sketsa untuk seniman, desainer dan profesional kreatif. Terdapat alat gambar dan lukis yang mudah digunakan untuk membuat karya seni, desain visual, dan ilustrasi di desktop dan tablet.

  • Corel PaintShop Pro

Perangkat lunak pengeditan gambar ini mudah digunakan dan memiliki banyak fitur untuk menggambar, mengedit dan mengoreksi gambar.

  • Piktochart

Perangkat lunak desain grafis yang membantu membuat presentasi, infografis, laporan, dan poster yang dapat dicetak. Proses pembuatan cepat dan sederhana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.